Sukses

Mengenal Penyebab Cadel, Apakah karena Ukuran Lidah Besar?

Liputan6.com, Jakarta - Cadel merupakan kondisi yang membuat penderitanya tidak bisa menyebutkan huruf tertentu, misalnya R jadi L. Bagi sebagian orang, cadel merupakan masalah berat ketika dia berkomunikasi. Namun, ada juga yang tidak peduli kalau orang tersebut cadel.

Penyebab cadel ternyata bermacam-macam. Biasanya, adanya masalah dengan alat ucap yang membuat orang menjadi cadel. Alat ucap yang dimaksud, di antaranya pita suara, gigi, lidah, dan bibir.

Jika kita menaikkan lidah ke atas, kita akan melihat garis yang menonjol di tengah lidah. Garis tersebut dinamakan frenulum linguae.

Di frenulum linguae terdapat seperti jaringan yang menghubungkan antara dasar mulut dan lidah. Perbedaan panjang dan pendek frenulum linguae inilah yang menyebabkan lidah sulit bergetar, sehingga pada akhirnya menyebabkan kesulitan pelafalan salah satu jenis huruf.

 

Selain itu, jika ukuran lidah terlalu besar dari yang seharusnya, bisa juga membuat orang menjadi cadel. Faktor-faktor itulah kenapa orang menjadi cadel.

Kurang matangnya koordinasi bibir dan lidah juga bisa membuat cadel. Kemampuan mengucapkan kata-kata vokal dan konsonan secara sempurna sangat bergantung pada kematangan sistem saraf otak, terutama bagian yang mengatur koordinasi motorik otot-otot lidah.

Bagi kalian yang mengalami cadel, jangan khawatir. Banyak orang yang sukses juga memiliki masalah cadel, seperti Rico Ceper, Mischa Chandrawinata, dan Cinta Laura.

Penulis:

Reza Sugiharto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Banyak Pria Tidak Tahu Letak Vagina, Kok Bisa?
Artikel Selanjutnya
Selain Menstruasi, Ini 8 Penyebab Pendarahan Vagina