Sukses

CJA Jadi Langkah Awal Pemuda Ini Menuju Dunia Jurnalistik

Caesar Rifa merasa semakin dekat dengan dunia jurnalistik lewat program CJA

Liputan6.com, Jakarta Caesar (20) yang kini tengah menempuh pendidikan Strata 1 (S1) di Universitas Indonesia memiliki cita-cita menjadi seorang pembawa berita. Ia paham bahwa perjalanan menuju cita-citanya bertahap. Maka dari itu ia sangat menghargai proses. Menurutnya, proses yang dilaluinya setiap hari harus menuju ke tingkat yang lebih tinggi, lebih sulit, dan lebih menantang. 

“Karena semakin sulit, semakin menguatkan. Semakin menantang, semakin menghebatkan. Semakin tinggi, semakin merunduk,” katanya.

Dengan mengikuti CJA, dia menilai dirinya sudah satu langkah lebih dekat dengan mimpinya. Caesar juga mengaku, mengikuti program CJA bukan untuk menjadi juara, tapi untuk mencari bekal dan merajut jaringan.

“Juara itu bonus, yang penting itu teman-teman, pelatih, dan pelajarannya,” terang Caesar.

Sejak dirinya diumumkan menjadi salah satu dari 30 finalis CJA, dirinya segera menyiapkan diri dengan membaca buku lebih banyak mengenai jurnalistik. Di antaranya yaitu buku-buku tentang menulis, public speaking, dan critical thinking. Menekuni dunia jurnalistik, membuat Caesar lebih terbuka pikirannya bahwa sebuah berita dapat menciptakan perubahan.

“Arah perubahannya ditentukan oleh orang yang menyebarkan berita. Berita tersebut bisa menggerakkan massa untuk menciptakan perubahan yang baik atau memecah belah massa itu sendiri,” katanya.

Ia melihat, di dunia yang serba digital, instan, dan serba cepat ini, informasi mudah sekali terpapar ke khalayak luas. Untuk itu, ia perlu belajar tentang jurnalistik lebih banyak, dan CJA menjadi pilihannya.

Baginya, belajar di buku dan di kampus saja tidak cukup, ia perlu orang-orang yang lebih hebat yang dapat mengajarinya. Ia percaya, dengan mengikuti CJA, ilmu jurnalistiknya akan semakin kaya. Sebab itu, ia sangat berorientasi pada proses dalam program ini.

Penulis:

Frista Caesar Rifa - Universitas Indonesia

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.