Sukses

Galung Triko Dedikasikan Diri untuk Kemajuan Bangsa

Galung Triko Jalani Banyak Kegiatan Sosial demi Majukan Bangsa

Liputan6.com, Jakarta Galung Triko, yang akrab disapa Galung seorang mahasiswa di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta angkatan tahun 2015. Namun, bukan itu yang menjadikan dirinya berbeda dari mahasiswa lainnya. Selain kuliah, Galung juga aktif berorganisasi, mengajar dan menjadi seorang relawan.

Menjadi seorang relawan, sebagai bagian dari hidup Galung sejak tahun 2016 lalu. Cukup banyak kegiatan yang sudah dilakukan oleh Galung dalam berpartisipasi sebagai relawan, seperti menjadi Duta Generasi Jakarta Selatan pada tahun 2016 yang dilaksanakan di sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), mengajar ngaji anak-anak di lingkungan rumah yaitu “Pengajian Umar Bin Khattab”, relawan Rumah Zakat Depok, program Bebenah Pendidikan Banten di Desa Bulakan, dan relawan “Anak Baik Indonesia” di Depok pada bulan Ramadhan 1438 H/2017 M.

Di kegiatan sosialnya tersebut, banyak hal yang dilakukan, seperti sosialisasi, pendidikan, games, konselor sebaya, bakti social, dan fundraising. Bentuk sumbangan yang di berikan yaitu berupa material dan moriil, tekad dan kemauan yang kuat, ilmu yang bermanfaat, dan paling penting ikhlas bekerja.

Namun dalam praktiknya, Galung mengaku bahwa tak mudah menjalani kegiatan sebagai seorang relawan. “Terkadang kita harus bisa merehabilitasi stigma negatif masyarakat yang sulit untuk diubah,” kata Galung. Sumber daya manusia pun juga dapat menjadi kendala karena kurangnya partisipasi dari pemuda-pemudi lain. Bahkan, cuaca yang tidak bersahabat juga jadi tantangan, apalagi saat kegiatan sosial tersebut dilaksanakan di luar gedung.

Meski ada beberapa kendala yang dihadapi, hal itu bukanlah penghalang baginya, “karena ini memang passion saya, jadi saya selalu terdorong untuk ikut berpartisipasi dalam aksisosial,” ucap Galung lagi. Tak lupa, Galung juga selalu termotivasi dengan kalimat “sebaik-baiknya manusia adalah ia yang bermanfaat bagi manusia yang lain.”

Atas tekad dan semangatnya, Galung juga berhasil terpilih menjadi relawan untuk berpartisipasi dalam Youcan Global Heroes, yaitu kegiatan misi sosial kemanusiaan Human Development and Micro Economy, ditempatkan dalam divisi Pendidikan, yang fokus pada edukasi untuk anak-anak Kathmandu, yang akan dilaksakanan pada akhir Agustus 2017 mendatang.

Dengan fokusnya dalam melakukan aksi sosial, Galung menaruh harapan kepada orang-orang khususnya anak-anak dan remaja yaitu semoga kelak mereka akan menjadi pemimpin bangsa negeri ini yang amanah, dapat menjadi pemutus rantai kemiskinan bagi keluarganya. Serta menjadi generasi yang emas bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Galung juga berharap, untuk generasi muda lainnya, agar generasi muda harus menjadi dan teladan yang baik di dalam masyarakat. Bergaul dengan yang dibawah, jangan selalu memandang yang diatas, maka dari itu kita akan kaya pengalaman, wawasan dan perasaan. Kemudian, kita akan mengetahui bahwa tujuan hidup manusia ialah untuk saling membantu dan menyayangi.

 

Penulis:

Claudya Stevany - Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.