Sukses

Takut Kena Kanker Payudara, Wanita Ini Malah Nekat Tato Dadanya

Liputan6.com, Jakarta Stephanie Kelly (42) menutupi bekas luka masektomi dengan sebuah tato Wonder Woman di dada. Ibu empat orang anak ini menjalani masektomi karena telah dinyatakan positif memiliki BRCA 1 (Breast Cancer Susceptibility Gene), mutasi dari BRCA 1 tersebut nantinya dapat menimbulkan kanker payudara.

BRCA 1 yang dideritanya karena dia memiliki riwayat kanker payudara dari ibunya yang melawan kanker payudara sebanyak dua kali pada 2015. Untuk mencegah kanker payudara tersebut muncul, Stephanie memutuskan untuk menjalani masektomi ganda, pengangkatan kedua payudara.

Menurut National Breast Cancer Institute, BRCA secara signifikan meningkatkan risiko kanker payudara dan ovarium, yang mencakup sekitar 25 persen pemilik gen kaknker payudara. Selanjutnya, gen BRCA lebih cenderung bermutasi pada usia muda. Bintang seperti Angelina Jolie dan Christina Applegate adalah pembawa gen BRCA, seperti yang dialami Stephanie, mereka tidak sepenuhnya kebal.

Stephanie pun menceritakan tentang diagnosisnya tersebut. Bagi dia, kanker payudara telah memainkan banyak peran dalam hidupnya. Baginya, kehilangan payudara adalah pengorbanan kecil terhadap sesuatu yang mungkin bisa saja terjadi. Namun, setelah masektomi dijalaninya, dia tidak ingin melakukan operasi rekonstruktif, dan sebagai gantinya, dia memilih tato Wonder Woman untuk digambar di dadanya.

"Dimulai saat candaan bahwa aku akan menjadi seperti Wonder Woman, menjadi kuat dan tidak terpengaruh dengan hal yang membuatku takut. Teman dan keluarga mengirimiku hadiah kecil patung Wonder Woman kartu, pakaian, bahkan jubah lengkapnya. Semua itu membantuku merasa lebih kuat dan ini adalah cara untuk merasakan semua cinta dan dukungan yang aku miliki," ujar Stephanie, dikutip dari People.

Gambar itu kini bersarang di dada Stephanie, walaupun membutuhkan beberapa sesi untuk menyelesaikannya, dia merasa semua itu sepadan.

"Sekarang, aku melihat bekas lukaku ini sebagai sesuatu yang positif," tutup Stephanie.

Penulis:

Meidiana Triani

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Agar Tak Seperti Justin Bieber, Ini Cara Hindari Testis Bengkak
Artikel Selanjutnya
Usai Minum Obat Batuk, Suami Tikam Istri hingga Bersimbah Darah