Sukses

Pakai Masker Hingga Minum Vitamin, Ini 5 Penyebab Flu Menular

Kebanyakan orang mungkin tidak mengetahui cara pencegahaan penyakit flu yang mereka lakukan benar atau salah.

Liputan6.com, Jakarta - Cuaca belakangan ini semakin tidak menentu, dan sering kali membuat kita terserang sakit seperti flu atau pilek. Untuk menghindari hal tersebut, setiap orang pasti mempunyai cara tersendiri dalam menjaga kesehatan mereka.

Namun sebelum itu, kamu perlu tahu beberapa fakta untuk mencegah sakit flu, melansir Smithsonian Mag, Sabtu (21/10/2017).

1. Flu dapat tersebar saat kita bernapas

Saat kita bernapas terdapat partikel kecil yang mempunyai potensi sebagai virus flu. Saking kecilnya, partikel ini bahkan lebih kecil daripada sel darah manusia. Fakta tersebut memungkinkan bahwa virus flu akan sulit untuk dihindari.

Sebuah studi di tahun 2013 menyebutkan, rintik partikel saat kita bernapas mengandung delapan kali lebih banyak virus flu dibandingkan dengan rintik air yang keluar saat orang bersin.

Selain itu penelitian lainnya juga menyebutkan, saat orang berteriak partikel-partikel kecil akan semakin banyak dibandingkan saat orang bersuara normal. Oleh karena itu, usahakan jangan berteriak saat sedang pilek.

2. Menggunakan masker 

Center for Disease Control justru mengungkapkan penggunakan masker dapat bertujuan untuk tidak menyebarkan virus flu ke orang lain. Kemampuan lainnya dari masker digunakan agar dapat mengambil partikel-partikel yang baik untuk dihirup ke dalam tubuh.

Sayangnya, masker yang kita kira dapat mencegah sakit ternyata tidak bekerja sepenuhnya seperti itu. Masker sendiri tidak dibuat kedap udara. Sehingga tidak bisa mengambil seluruh partikel di udara yang punya kemungkinan mengandung virus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kamu tidak akan terkena virus flu setelah menyentuh tangan orang yang pilek

Biasanya kita selalu dianjurkan untuk mencuci tangan untuk menghilangkan bakteri dan virus berbahaya. Apalagi kita sering merasa enggan saat menyentuh tangan dengan orang yang terkena flu. Dengan tujuan untuk menghindari tertular sakit flu.

Justru kebanyakan dari penelitian menyebutkan, belum terdapat bukti bahwa virus influenza berpindah melalui tangan. Biasnaya virus dapat langsung masuk melalui saluran pernapasan serta mulut. Namun, fakta tersebut tidak bermaksud menghentikanmu untuk mencuci tangan.

4. Kamu bisa ikut terjangkit flu jika menyentuh benda yang disentuh orang yang terkena flu

Virus pada flu dapat hidup pada benda mati sampai dengan 72 jam. Mereka akan hidup semakin lama pada benda-benda yang cenderung lebih keras dibandingkan dengan yang lembut. 

5. Vitamin C berlebihan justru tidak efektif mencegah flu

Cara lain untuk menghindari flu biasanya membuat banyak orang mengonsumsi banyak vitamin C. Padahal orang yang tidak mengalami kekurangan vitamin C, seharusnya tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Tentu saja vitamin punya fungsi yang baik untuk kesehatan. Namun, jika mengonsumsinya secara berlebihan malah kandungannya bisa dibuang oleh tubuh. Justru akan lebih baik jika menggunakan beberapa bahan herbal baik seperti echinacea, baik saat flu ataupun untuk mencegah terjadinya flu.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Influenza atau common cold (pilek, selesma) adalah suatu reaksi peradangan saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus.

    Influenza

  • Pilek adalah kondisi dimana terjadi infeksi ringan pada hidung. Biasanya ditandai dengan terjadinya sumbatan pada hidung dan saluran nafas.

    Pilek

  • Flu

  • Sakit flu

  • Salah