Sukses

Komunitas Teman Pintar Berbagi Lewat Program Piknik Pintar

Liputan6.com, Jakarta Komunitas teman pintar awalnya digagas oleh dua perempuan muda yaitu Nadya Jowma dan Karina Rizki. Keduanya berusia 26 tahun dan sudah memiliki pekerjaan masing-masing. Mereka membentuk komunitas Teman Pintar ini pada bulan februari 2016.

Alasan yang mendasari mereka membuat komunitas Teman Pintar adalah karena timbulnya rasa empati ingin berbagi kepada anak-anak kecil yang tinggal di panti asuhan. Mereka berpikir bahwa sepertinya rutinitas harian anak-anak itu kurang beragam, juga kurangnya hiburan untuk mereka. Nadya dan Karina ingin memberikan hiburan pada anak-anak panti asuhan tersebut berupa piknik yang disertai edukasi yang bermanfaat.

Seiring berjalannya waktu, ternyata kesibukan masing-masing membuat mereka tidak bisa kerja hanya berdua dalam komunitas ini. Hingga akhirnya mereka mencari volunteer untuk bergabung di komunitas Teman Pintar ini. Nadya dan Karina juga ingin membuat event untuk komunitas Teman Pintar, dan ternyata mereka mendapatkan sambutan yang baik hingga banyak dari teman-teman maupun sahabat mereka bersedia untuk menjadi volunteer di komunitas Teman Pintar.

Komunitas Teman Pintar memiliki program yaitu "Piknik Pintar" yang merupakan program hiburan guna memberikan edukasi, yang mengajak anak-anak panti asuhan dengan kriteria usia 5-12 tahun, untuk piknik di luar. Salah satu kegiatan dalam piknik ini yaitu anak-anak akan diajak ke suatu tempat dan di tempat tersebut mereka dapat bermain dan belajar bersama. Tentunya akan dibimbing oleh anggota dari komunitas Teman Pintar.

Program ini direncanakan akan diadakan setiap tahun dengan dana yang didapatkan dari penggalangan dana pra event, donatur per-orangan dari komunitas Teman Pintar, perusahaan, dan juga melalui website kitabisa.com. Siapapun dapat melihat informasi dan update kegiatan melalu akun instagram Piknik Pintar.

Pada tahun pertama, tepatnya tanggal 28 mei 2016, Piknik Pintar vol. 1 berhasil dilaksanakan. Piknik Pintar vol. 1 ini diadakan di Budaya Sindang Barang, Bogor bersama anak-anak dari panti asuhan Pondok Cabe dan Pondok Petir.

Karena adanya tanggapan positif dan banyak sekali yang mendukung program yang menghibur dan bermanfaat ini, baik dari donatur maupun perusahaan, komunitas Teman Pintar akan membuat Piknik Pintar vol. 2 yang direncanakan akan terlaksana pada tanggal 28 oktober 2017 bersama anak-anak dari sekitar tiga panti asuhan.

Dengan adanya program Piknik Pintar yang menghibur dan memberikan edukasi bermanfaat ini, semakin banyak orang yang terinpirasi dan ingin melakukan hal serupa. Dengan begitu anak-anak kecil yang tinggal di pantia suhan akan selalu mendapatkan kebahagiaan dan juga pendidikan yang tidak mereka dapatkan di dalam rumah panti asuhan.

 

Penulis:

Arina Rishtanata - Stikom Interstudy

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Yuk, Rangkul Kebaikan Demi Pendidikan Anak Indonesia!
Artikel Selanjutnya
Seorang Bidan Ciptakan Aplikasi Android untuk Mudahkan Profesinya