Sukses

10 Kota Ini Terbaik untuk Dihuni, Minat Tinggal di Sana?

Penasaran ada di mana saja kota terbaik untuk dihuni?

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahun, media bernama Monocle selalu rutin merilis 25 kota terbaik untuk dihuni berdasarkan indeks kualitas hidup yang ada di sana. Penilaiannya pun dilihat dari banyak aspek. Mulai dari ekonomi, pendidikan, situasi politik, infrastruktur, transportasi publik, kesehatan, destinasi wisata, dan kondisi perumahan.

Dari semua kota yang masuk daftar, enggak ada salahnya kalau kamu meliriki deretan 10 teratas sebagai pilihan destinasi liburan nanti. Penasaran ada di mana saja kota terbaik untuk dihuni? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Smart Travel, Rabu (25/10/2017).

10. Stockholm, Swedia

Stockholm masuk dalam daftar kota terbaik untuk dihuni urutan kesepuluh. Untuk kamu ketahui, Stockholm juga dijuluki sebagai kota terbersih di dunia menurut perhitungan statistik polusi WHO lho.

Nggak perlu heran, masyarakat di sana memang membiasakan diri menggunakan sepeda daripada mobil untuk bepergian. Rencananya, tahun 2050 nanti kota ini akan membebaskan diri dari penggunaan bahan bakar mineral dan meningkatkan layanan transportasi publik.

9. Kyoto, Jepang

Kyoto, Jepang, terkenal sebagai kota yang sangat memperhatikan pelestarian sejarah dan budaya Negeri Sakura. Berbagai bangunan antik yang ada di sana masih terjaga dengan sangat baik.

Banyak distrik-distrik menarik yang bisa membuat kamu merasa terbawa ke masa lalu. Panorama alam yang cantik di sana juga pasti bikin jatuh cinta deh.

8. Sydney, Australia

Enggak perlu heran kalau Sydney masuk dalam daftar kota terbaik untuk dihuni. Selain cantik, kota ini juga menyimpan nilai sejarah yang besar.

Berbagai fasilitas lengkap seperti transportasi umum, kuliner, tempat belanja, dan destinasi wisata membuat tempat ini layak untuk ditinggali.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7. Fukuoka, Jepang

Fukuoka memang enggak sepopuler Kyoto atau Tokyo. Namun, kamu enggak boleh memandang sebelah mata kualitas kota ini.

Infrastruktur kota ini berkembang dengan sangat pesat. Enggak cuma itu, destinasi wisata alam yang cantik juga banyak tersedia di sana.

Tempat bersejarah juga masih terjaga dengan baik di sana. Meski begitu, kehidupan malam yang gemerlap juga sangat terasa di kota ini.

6. Melbourne, Australia

Predikat kota terbaik untuk dihuni sudah didapatkan oleh Melbourne selama enam kali berturut-turut. Bukan hanya penduduk lokal, traveler mancanegara pun pasti akan nyaman untuk tinggal di sana.

Kota ini punya banyak pilihan tempat wisata menarik, transportasi umum gratis, kuliner yang beragam, dan layanan publik yang mumpuni. Hal yang paling diingat dari Melbourne adalah banyaknya karya seni yang bisa dinikmati di tiap sudut kota.

5. Munich, Jerman

Banyak alasan mengapa Munich masuk dalam daftar kota terbaik di dunia untuk dihuni. Beberapa di antaranya adalah mudahnya akses menuju kota ini, ada beragam atraksi wisata menarik, banyak ruang hijau, infrastruktur pendidikan yang baik, serta kondisi ekonomi masyarakat yang makmur.

4. Copenhagen, Denmark

Meski kecil, Copenhagen enggak kalah keren dengan kota-kota lain di dunia. Kondisi ekonomi di sana sangatlah baik. Untuk kamu ketahui, Denmark dianggap sebagai negara dengan tingkat korupsi paling rendah. Gambaran kesejahteraan ekonomi, kesehatan, fasilitas, transportasi, atau bahkan pendidikan sangat terlihat jelas.

Sepeda adalah transportasi utama di sana. Jadi kebayang dong bagaimana kualitas udara di sana karena kurangnya polusi yang diproduksi kendaraan roda empat?

3 dari 3 halaman

3. Wina, Austria

Salah satu kota terbaik untuk dihuni ini terkenal dengan kekayaan sejarah dan budayanya. Kamu bisa jumpai istana-istana cantik peninggalan kekaisaran Habsburg, taman yang menawan, gedung teater, dan museum.

Kondisi ekonomi di sana pun terhitung baik karena pendapatan penduduknya relatif tinggi. Enggak cuma itu, kamu pun enggak perlu takut traveling sendirian di sana karena kota ini dikenal sebagai destinasi yang aman untuk dikunjungi.

2. Berlin, Jerman

Berlin adalah pusat dari kegiatan ekonomi, budaya, pendidikan, politik, dan sains di Jerman. Kombinasi klasik dan mutakhir bisa kamu lihat di kota ini.

Pasalnya, Berlin masih merawat dengan baik berbagai peninggalan sejarahnya. Meski begitu, kehidupan kota metropolitan yang modern juga tak lepas dari kota ini.

1. Tokyo, Jepang

Julukan kota terbaik untuk dihuni memang pantas diterima oleh Tokyo. Dilihat dari berbagai faktor, semua hal yang ada di sana memang sudah diacungi jempol kualitasnya.

Mulai dari segi transportasi, pariwisata, ekonomi, budaya, pendidikan, kuliner, teknologi, kemananan, dan masih banyak lagi. Kamu tentu menjadikan kota ini sebagai destinasi liburan impian bukan?

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.