Sukses

Keren, Tiongkok Uji Coba Kereta Tanpa Rel dan Masinis

Tiongkok kembali melakukan uji coba transportasi terbaru untuk memecahkan masalah kemacetan.

Liputan6.com, Beijing - Tiongkok memang selalu membuat heran banyak orang. Tidak hanya masyarakatnya yang selalu membuat penasaran banyak orang, tetapi juga penemuan yang mereka ciptakan. Salah satunya seperti kereta satu ini.

 

Mereka membuat teknologi transportasi kereta tanpa menggunakan rel. Ditambah lagi kereta ini dapat berjalan tanpa adanya masinis yang bertugas. Melansir Shanghaiist, Kamis (26/10/2017), mereka menyebut nama kereta ini dengan The Autonomous Rail Rapid Transit (ART).

Transportasi di Tiongkok yang berjalan tanpa pengemudi. Source: Shanghaiist.com

Percobaan kereta ini dilakukan pertama kalinya di Kota Hunan, Provinsi Zhuzhou, pada Senin lalu (23/10/2017). Transportasi ini sengaja diciptakan pada 2013. Tujuannya yakni mengurangi kemacetan parah pada kota-kota urban di Tiongkok. Pembuatan transportasi ini juga terbilang sebagai pilihan alternatif yang lebih murah dibandingkan metro atau tram, serta diklaim lebih ramah lingkungan.

Transportasi di Tiongkok yang berjalan tanpa pengemudi. Source: Shanghaiist.com

Transportasi ART diperkirakan dapat menampung 300 lebih penumpang dengan kecepatan 70 kilometer per jam. Namun, jenis kendaraan ini cukup membingungkan karena menggabungkan antara kereta dan bus.

foto: weather

Penemuan transportasi seperti ART bukanlah hal yang baru di Tiongkok. Pada tahun sebelumnya, mereka pernah menciptakan Transit Elevated Bus (TAB), yang dapat berjalan di tengah-tengah kemacetan. Sayangnya, karena terjadi skandal keuangan, proyek transportasi TAB dihentikan pihak pengembang.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.