Sukses

Tung Desem Waringin Ajak Peserta Inspirato Jadi Gila

Liputan6.com, Jakarta Motivator kenamaan Indonesia, Tung Desem Waringin, mengajak para peserta Inspirato menjadi gila. Ia berpandangan bahwa terkadang menjadi gila itu diperlukan di saat-saat tertentu. Salah satunya pada saat seminar motivasi.

“Hari ini saya akan mengajak bapak ibu mahasiswa sekalian menjadi gila. Mau apa mau? Loh, lebih baik gila di sini atau gila di luar?” ujarnya dalam nada friendly dan menggairahkan.

Dalam seminar siang itu, Tung, begitu sapaan akrab pria 49 tahun ini, mengajak peserta menjadi gila dengan cara melompat-lompat, gerakan tertentu dengan tubuh, hingga mengeluarkan suara lantang. Sebagai contoh, Ia mengajak para peserta seminar untuk bertepuk tangan.

Akan tetapi, bukan tepuk tangan biasa. Melainkan tepuk tangan dengan dibarengi suara ‘yeaayyy’. Hal tersebut Ia lakukan untuk membuat para peserta menjadi bersemangat, interaktif, dan fokus.

Dengan bersemangat dan fokus, peserta dapat lebih mudah menyerap apapun yang Ia sampaikan. Ia kemudian mengutip pendapat seorang dokter di Amerika tentang fokus pada manusia.

Dokter tersebut mengungkapkan bahwa otak manusia hanya bisa fokus dalam sembilan menit. Lebih dari itu, manusia cenderung akan ngelonjor atau ngelamun jorok. Sontak, penjelasan tersebut mengundang gelak tawa dari para peserta seminar.

Dalam seminar berdurasi selama satu jam tersebut, Tung menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sedang dalam berbagai masalah yang menyebabkan tingginya angka kemiskinan. Menurutnya, kemiskinan tersebut terjadi akibat ketimpangan pendapatan. Timpang pendapatan timbul karena timpang pengetahuan dan timpang keberanian.

Oleh sebabnya, Ia berpesan kepada peserta seminar untuk menjadi manusia yang cerdas. Seperti cerdas dalam mengatur keuangan, cerdas dalam melihat peluang, mengambil keputusan, mempekerjakan orang sukses, bekerja dan menjadi pengusaha, hingga menjadi cerdas untuk mempunyai peternakan uang.

Selain menghadirkan Tung Desem Waringin, Inspirato siang itu juga menghadirkan dua pembicara lainnya. Yakni Yudi Latif, Ketua UKP Pancasila dan Hasto Wardoyo, Bupati Kulon Progo.

Seminar Inspirato merupakan seminar motivasi yang digagas oleh Liputan6.com. Dalam perjalanannya, Inspirato kerap mengundang para pembicara ternama dari berbagai latar belakang, usia, dan profesi; seperti Raditya Dika, Asma Nadia, SBY, dan tokoh inspiratif lainnya.

 

Penulis:

Alpin Hardiansah - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Harus Kamu Hindari Biar Nongkrong Jadi Lebih Asyik
Artikel Selanjutnya
Cerita Lucu Prilly Latuconsina Beli Sapi Kurban via Online