Sukses

7 Tips Ampuh Lindungi Gadget dari Risiko Terkena Air

Liputan6.com, Jakarta - Perangkat elektronik dan gadget yang kamu miliki tentu bukanlah barang murah, kecuali jika kekayaan kamu setara dengan keluarga kerajaan Timur Tengah. Maka kamu perlu menjaganya dari hal-hal yang mungkin dianggap remeh, yang tentunya bisa sangat merusak gadget-gadget kesayanganmu.

Salah satunya adalah air. Meski sering dibilang sebagai sumber kehidupan, air nyatanya malah bisa jadi sumber bencana buat gadget-gadget kamu. Apalagi saat dalam keadaan banjir, dan kamu lagi enggak ada di rumah. Gadget-gadget kamu, khususnya yang masih terkoneksi dengan listrik pasti tidak akan tertolong.

Berikut ini tujuh tips ampuh melindungi gadget dari risiko terkena air, khususnya jika tiba-tiba terjadi banjir.

1. Pastikan Selalu Back Up Data

Terkadang, data yang ada di dalam gadget jauh lebih penting daripada gadget itu sendiri. Selalu back up data penting kamu ke beberapa perangkat sekaligus. Hal itu tentu untuk mengatasi terjadinya data yang hilang akibat salah satu gadget atau perangkat kamu rusak akibat terendam air.

2. Gunakan Sensor Pendeteksi Banjir

Mungkin kamu beranggapan menggunakan alat-alat atau perangkat keamanan untuk rumah membutuhkan biaya mahal. Padahal, banyak pilihan perangkat keamanan rumah, dalam kasus ini sensor pendeteksi banjir, yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang terbilang terjangkau. Bahkan di beberapa toko online, sensor pendeteksi banjir tersedia dalam beberapa pilihan dan harganya berkisar Rp 200-300 ribu.

 

 

1 dari 3 halaman

3. Jangan Letakkan Gadget atau Elektronik di Lantai

Penggunaan stop kontak yang sering diletakkan di bawah terkadang membuat sebagian orang ikut meletakkan gadget dan perangkat elektronik lainnya di lantai. Hal itu sangat berisiko karena tumpahan air dari manapun pasti akan jatuh dan menyebar di lantai. Apalagi jika kebanjiran, maka dipastikan gadget kamu akan terendam air.

4. Cabut Semua Koneksi

Hal ini penting untuk kamu lakukan jika tengah bepergian keluar rumah dalam jangka waktu yang lama dan rumah dalam keadaan kosong. Cabut semua perangkat elektronik yang masih terpasang di stop kontak. Dengan begitu, risiko korsleting hingga kebakaran bisa diminimalisasi.

5. Simpan Gadget di Tempat yang Aman dari Air

Kamu juga bisa membeli sejenis container yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan gadget atau perangkat elektronik di dalamnya. Meskipun rumah kamu tiba-tiba mengalami banjir, gadget kamu akan tetap aman berada di dalamnya dan terlindungi dari rendaman air yang bisa merusak.

2 dari 3 halaman

6. Ketahui Letak Sensor di Rumahmu

Kamu akhirnya memutuskan untuk memasang sensor keamanan rumah? Bukan cuma pendeteksi banjir, tapi juga sistem keamanan lain. Jangan senang dulu, semua perangkat sensor keamanan tersebut pasti berhubungan juga dengan listrik dan enggak semuanya bersifat waterproof. Kamu perlu tahu di mana letak setiap perangkat keamanan di rumahmu. Bahkan, kamu perlu meletakannya di tempat yang aman dan enggak bisa 'terjangkau' air.

7. Simpan Gagdet dan Elektronik di Luar Rumah (Jika Mungkin)

Rumah kamu ada di daerah rawan banjir? Mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk menitipkan berbagai gadget dan perangkat elektronikmu di tempat lain. Kamu bisa menitipkannya di mana pun yang kamu yakini aman, misalnya rumah saudara, kediaman teman atau tempat penitipan barang berbayar.

Sumber: https://jalantikus.com/tips/tips-melindungi-gadget-dari-risiko-terkena-air/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Atasi Kulit Berminyak dengan 6 Langkah Praktis
Artikel Selanjutnya
Ketahui Manfaat Minum Air Kelapa Selama 2 Minggu