Sukses

Kamu Orang Kaya atau Orang Miskin?

Liputan6.com, Jakarta Seorang  motivator dan pelatih sukses nomor satu di Indonesia, Tung Desem Waringin, menjelaskan definisi menarik soal membedakan orang kaya dan miskin di acara Inspirato Liputan6 pada 17 Oktober 2017. “Ternyata perbedaannya menyedihkan,” kata Tung Desem.

Tung Desem memaparkan bahwa orang miskin bila mendapat uang akan langsung dihabiskan, kalaupun ada sisanya baru ditabung. Padahal, jika dihabiskan belum tentu ada sisanya dan malah tidak menabung. “Misalnya dibagi rata, semua orang dapat duit 20 miliar. Begitu Anda mendapat 20 miliar, apa yang Anda pikirkan menentukan anda menjadi orang kaya atau miskin atau menjadi orang menengah.”

Biasanya orang miskin bila mendapat uang akan langsung memberikan barang. Seperti tergoda dengan mobil mewah atau membeli gadget terbaru, semacam menjadi konsumtif. Padahal, barang-barang itu jika dibeli harganya akan turun dan menjadi guyonan pada sekian tahun kemudian.

Orang kaya dan orang menengah biasanya akan terus menyisihkan uang dan berapa pun sisanya itu yang akan digunakan. Setidaknya, masih ada uang yang disimpan. Perbedaan tipis orang kaya dan orang menengah. Si orang kaya akan membelikan barang atau jasa yang konsumtif.

Ciri-ciri jasa barang atau jasa yang konsumtif adalah waktu kita keluar uang barang dan jasa tersebut nilainya akan terus naik. Atau barang tersebut terus menghasilkan uang, tiap bulan tiap tahun bisa memberikan makan kita.

Prinsipnya, orang kaya tidak bekerja mencari uang, orang kaya membuat uang bekerja untuk mereka. Terdengar klise, bukan? Namun kita pun harus sadar, bahwa memang betul tidak selamanya kita akan bekerja, dan tidak selamanya pula berada di usia produktif. Maka sebaiknya kita bisa menyisihkan uang dan mempunyai passive income.

Jadi, kamu orang kaya atau orang miskin?

 

Penulis:

Irishta Tamzil - Binus University

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

 

Artikel Selanjutnya
Jadi Ahli Waris, 3 Orang Ini Malah Tolak Kekayaan Berlimpah
Artikel Selanjutnya
Banyak Harta, Kenapa Miliarder Malah Pilih Hidup Sederhana?