Sukses

Gadis Ini Lewati Penghalang Mimpi untuk Jadi Jurnalis

Liputan6.com, Balikpapan Semua orang pasti mempunyai sebuah mimpi yang menjadi patokan dalam menjalani hidup. Begitu pula bagi Nia Dahlia, salah satu mahasiswi STT Migas Balikpapan yang bermimpi dapat berkarier di bidang media dan jurnalistik.

Menjadi anak perempuan satu-satunya membuat Nia sulit bergerak dalam mengejar mimpinya. Ia dituntut untuk mengenyam pendidikan sesuai keinginan keluarganya demi mendapatkan karier yang menurut keluarganya layak saat dewasa. Hal ini tak lantas menyurutkan impiannya untuk berkarier di media.

Hingga akhirnya Nia menemukan info tentang Citizen Journalist Academy (CJA) di media sosial. Melawan rasa tak percaya diri dengan kemampuannya dalam bidang jurnalistik, Nia pun memantapkan diri untuk mendaftar. Berbekal ilmu public speaking yang ia dapatkan dalam organisasi, melalui serangkaian seleksi yang ketat, gadis 21 tahun ini mampu menyingkirkan para pesaingnya dan menjadi 30 Finalis CJA dari Balikpapan.

Hal ini tidak kemudian membuatnya berpuas hati. Bergabung di CJA merupakan awal dari perjalanan Nia untuk meraih mimpinya. Meski mengambil bidang Public Relation, Nia juga harus mempelajari semua bidang agar tidak tertinggal dari finalis lainnya. Dengan bantuan dari para mentor yang profesional di bidangnya, juga kekompakan dari sesama finalis, Nia yakin untuk mampu menjadi perwakilan kota minyak yang akan maju ke Jakarta.

Nia berharap, kerja keras yang akan ia jalani di CJA dapat menjadi batu loncatannya dalam menggeluti karir di bidang media dan jurnalistik. Nia juga berharap dirinya mampu menjadi inspirasi bagi anak muda di sekitarnya untuk menjadi seorang Jurnalis. Baginya, banyak kebaikan yang dapat dilakukan, dibagikan dan didapatkan oleh anak muda dengan menjadi seorang jurnalis.

 

Penulis:

Nia Dahlia - STT Migas Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Kesuksesan Gadis Ini Dimulai dari Mimpi Besar
Artikel Selanjutnya
Inspiratif, Pemuda Tunanetra Jadi Peselancar Muda Profesional