Sukses

Tangis Gembira Para Pemenang LT-V Kwarnas Gerakan Pramuka

Liputan6.com, Jakarta - Lomba Tingkat Lima (LT-V) Kwarnas Gerakan Pramuka resmi ditutup oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, Sabtu 28 Oktober 2017. Dalam acara penutupan itu, diumumkan pemenang LT-V dari regu puta dan putri.

Terdapat tiga kategori pemenang dalam lomba yang diikuti 528 Pramuka Penggalang (usia 11-15 tahun) terbaik dari seluruh Indonesia. Yakni regu berprestasi tinggi, baik dan cukup untuk regu putra maupun putri.

Untuk regu putra, kategori Regu Berprestasi Tinggi diraih Regu Gagak Hitam yang merupakan Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Lampung. Regu ini meraih nilai 2.493,65.

Ketua Regu Gagak Hitam, David Ramadhan mengaku, inilah momen terbaik sepanjang hidupnya. Itu karerna, dia dan tim mampu membawa Lampung juara di LT-V untuk pertama kalinya.

"ini sangat membahagiakan. Selanjutnya kami ingin lebih banyak lagi terlibat dalam kegiatan sosial, kemanusiaan di Lampung”, kata David menahan tangis

Pada kategori Berprestasi Baik diraih Regu King Cobra dari Kwarda Jawa Timur dengan nilai 2.493,00. Sementara Regu Garuda dari Kwarda Daerah Istimewa Yogyakarta merebut kategori Regu Berprestasi Cukup dengan nilai 2.490,09.

“Kami sudah berlatih sangat keras, apapun hasilnya kami terima, Kak Adhyaksa Dault sudah sampaikan, 66 regu yang hadir disini adalah regu-regu juara dan juara di hati seluruh Pramuka di Indonesia. Selamat kepada Kontingen Lampung dan Jawa Tengah," kata Ach Ardiansyah, Ketua Regu King Cobra.

Untuk regu putri, kategori Regu Berprestasi Tinggi diraih Regu Piros yang merupakan Kwarda Jawa Tengah. Regu ini mampu mengumpulkan nilai 2.554,5. Sementara Regu Matahari dari Kwarda Jawa Timur mampu meraih kategori Regu Berprestasi Baik dengan nilai 2.509,04. Lalu ada Regu Lily Biru dari Kwarda DKI Jakarta yang meraih kategori Berprestasi Cukup dengan nilai 2.502,04.

“terima kasih orangtua kami, pembina Pramuka, para guru, pelatih, seluruh kakak-kakak dari Gudep hingga Kwarnas” ucap Ketua Regu Piros, Zerlina Prima Putri Adisti sambil menyeka air mata.

Dalam sambutan penutupan, Adhyaksa Dault meminta, semua peserta berkomitmen untuk bergotong rotong agar Indonesia juara di segala bidang pada 2045 nanti. Dia juga mengingatkan tentang kewajiban anak pada orangtua, hormat pada yang lebih tua.

“Pulang dari LT-V, minta maaf dan restu dari kedua orangtua adik-adik. Terus aktif di Pramuka, dan jangan lupa, perbanyak ikut gotong rotong bersama warga, ikut aksi sosial dan aksi-aksi kemanusiaan lainnya”, ujar Adhyaksa Dault.

Dia pun sempat menucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang terlibat dalam membina peserta LT-V Gerakan Pramuka.

 

1 dari 2 halaman

Pramuka untuk Persatuan Indonesia

Jawaban dari Angela Kirana, Peserta LT-V Gerakan Pramuka dari Regu Beringin, Kwarda DI Yogyakarta menjadi viral di media sosial. Itu karena pernyataan dia yang mementingkan persatuan Indonesia.

Sesaat setelah mengikuti lomba renang, dia ditanya seputar harapan di LT-V 2017. Angela tidak menjawab demi juara, namun persatuan Indonesia jadi yang utama.

 

 

A post shared by Gerakan Pramuka (@gerakanpramuka) on

LT-V Gerakan Pramuka diselenggarakan pada 22-28 Oktober 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, ini dibuka pada Senin pagi, 23 Oktober 2017 oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault. LT-V menjadi kegiatan yang sangat dinantikan dan prestisius. Itu karena, seleksi peserta yang sangat ketat.

Regu yang bisa mengikuti Lomba Tingkat Lima (LT-V)  Pramuka adalah regu yang menjuarai empat lomba tingkat (LT) sebelumnya, yaitu LT-I (tingkat gugus depan), LT-II (tingkat kecamatan), LT-III (tingkat kota/kabupaten), dan LT-IV (tingkat provinsi). Jadi, LT-V adalah pertemuan regu penggalang Pramuka terbaik di Indonesia.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Ribuan Warga Bogor Antusias Ikuti Parade Kebinekaan Nusantara