Sukses

Balon Merah untuk Perempuan Hebat di Hari Kemerdekaan

Liputan6.com, Jakarta Hari kemerdekaan Indonesia seringkali dikaitkan dengan para pahlawan yang telah berjuang untuk memproklamasikan kemerdekaan tanah air tercinta. Tujuh belasan pun biasanya juga dirayakan dengan melakukan upacara pengibaran sang merah putih serta lomba–lomba spesial hari kemerdekaan.

Tanggal 17 Agustus di tahun 2017 ini, mahasiswi Universitas Padjadjaran Bunga Freesia memutuskan untuk merayakan hari kemerdekaan dengan cara yang berbeda. Ia memanfaatkan momen kemerdekaan ini untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada pahlawan masa kini yang jasanya cenderung tidak dihiraukan oleh banyak orang. Pahlawan masa kini yang dimaksud adalah orang-orang yang secara tidak langsung telah membantu kita di kehidupan sehari-hari, khususnya para perempuan.

Bermodalkan empat balon merah dan empat batang cokelat, Bunga berkeliling di wilayah Tangerang Selatan untuk mencari perempuan hebat dan tangguh yang tetap bekerja di hari kemerdekaan. Bunga pun dipertemukan dengan penjaga pintu di Sumarecon Mall Serpong Serli, penjaga SPBU Yunita, serta seorang ibu tukang sapu jalanan dan ibu penjaga parkir yang bahkan ia lupa untuk menanyakan namanya karena terlalu bahagia.

Hari itu Bunga muncul secara spontan menghampiri para perempuan hebat itu dengan memberikan setangkai balon, sebatang coklat, dan sebuah pelukan sembari memberikan semangat. Berbagai eskpresi Bunga temukan. Mulai dari ekspresi datar, kaget, bingung, yang pada akhirnya keempat perempuan itu memberikan ekspresi yang sama yaitu sebuah senyuman di wajah mereka. Ada ungkapan yang mengatakan bahwa kita akan merasakan kebahagiaan terbesar ketika kita membuat orang lain berbahagia, dan itu pula yang Bunga rasakan ketika melihat senyuman mereka.

Bunga mengatakan bahwa kebanyakan orang seringkali lupa bahwa kebaikan kecil bisa menjadi kebahagiaan besar bagi seseorang. Bunga juga menyatakan bahwa satu aksi sederhana yang kita lakukan dapat mengubah hidup seseorang, seperti satu tangkai balon merah yang bisa menggoreskan senyum di wajah perempuan–perempuan hebat di hari kemerdekaan. Mulailah mengobarkan kebaikan, karena satu kebaikan bisa membawa sejuta makna.

 

Penulis:

Bunga Freesia S - Universitas Padjadjaran

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Antusiasme Warga Meriahkan Karnaval Kemerdekaan 2017 di Bandung
Artikel Selanjutnya
5 Momen Bersejarah yang Terjadi Tepat pada 17 Agustus 2017