Sukses

Belajar Survive di Hutan Lindung Sungai Wain

Liputan6.com, Jakarta Ilmu dan pengalaman baru kembali diperoleh para finalis finalis Citizen Journalist Academy (CJA) Balikpapan, dalam agenda Edutrip 2.0, Kamis (19/10/2017) di Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW). Selain mengenal profil kawasan, para finalis juga belajar tentang kiat-kiat survive di dalam hutan.

HLSW merupakan satu dari sederet program CSR Pertamina MOR VI di Balikpapan, dengan luas lahan 9.782 hektare. “Hutan ini, ya kurang lebih luasnya setara dengan 10 kali luas lapangan sepak bola,” ucap Agusdin, Vice Manager Yayasan Pro Natura, selaku pengelola HLSW.

Dia menyebutkan, ada sembilan jenis primata, 234 jenis burung, 1.007 spesies pohon, dan 33 spesies anggrek di hutan ini. Selain sebagai pelindung keanekaragaman hayati. HLSW juga memiliki fungsi penting sebagaimana hutan pada umumnya yakni tangkapan air.Kekayaan itulah yang membuat hutan ini kerapkali dikunjungi wisatawan mancanegara. Baik dari Asia, Eropa, maupun Amerika.

Dalam 15 bulan terakhir, tercatat sudah ada turis dari 13 negara yang memanfaatkan HLSW sebagai destinasi. Baik itu untuk laboratorium hidup, riset, atau sekadar berwisata dan bertemu satwa langka.

HLSW juga memiliki fungsi penting sebagaimana hutan pada umumnya yakni tangkapan air.

 

Salah satunya, rombongan guru dan siswa Sekolah Alam Balikpapan, yang kebetulan berpapasan dengan finalis CJA saat itu. Mereka telah empat hari berada di hutan. Untuk siswa, ada sesi selama 36 jam, di mana mereka tak dibekali makanan.

“Sebelumnya, sudah diajari tumbuhan apa saja yang bisa dimakan di hutan. Begitu juga untuk tidur. Mereka menggunaka bivak, dan ada tips khusus untuk menghindar searangan atapun sengatan hewan luar,” tutur Agus.

Keberhasilan program CSR Pertamina ini tak hanya dirasa oleh pengunjung. Letak hutan yang tak jauh dengan lokasi operasional Pertamina ini juga dimanfaatkan warga sekitar. Selain hasil sisa hutan dapat diolah untuk memenuhi kebutuhan mereka, fungsi pariwisata dari hutan ini juga akan didorong menjadi roda penggerak ekonomi masyarakat sekitar.

 

Penulis:  

Wiki Kridayanti  - Universitas Balikpapan

Citizen Journalist Academy – Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.