Sukses

BAB dan Menangis, 5 Hal Ini Tak Bisa Terjadi di Luar Angkasa

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi astronot memang terdengar sebagai pekerjaan yang menyenangkan karena kamu bisa merasakan bagaimana rasanya hilang dari gravitasi. Selain itu, menjadi astronot juga bisa membuat kamu melihat keindahan planet Bumi yang kamu huni ini.

Namun, menjadi astronot tidaklah semudah dan seindah yang dibayangkan selama ini. Karena saat badan terlepas dari gravitasi maka akan terjadi hal-hal aneh pada badan kamu. Apa saja ya?

1. Kamu Bisa Buang Air Secara Tidak Sadar

Secara tidak sadar, gravitasi Bumi berguna untuk merasakan kandungan kantong kemih kamu. Sehingga saat kantung kemih penuh maka kamu dapat menyadarinya. Secara otomatis jika kamu terlepas dari gravitasi maka saat itu juga kamu tidak akan merasakan lagi kandungan kantong kemih.

Oleh karena itu kamu bisa saja kencing tanpa disadari saat di luar angkasa. Itulah sebabnya para astronot memakai popok khusus dewasa.

2. Tidak Bisa Sendawa

Sendawa adalah gas yang keluar dari lambung setelah kamu selesai makan. Namun, hal ini tidak akan pernah terjadi jika kamu berada di luar angkasa. Penyebabnya sama yaitu karena ketidakadaannya gravitasi.

Dan jika kamu memaksakan untuk bersendawa maka sama artinya kamu memuntahkan seluruh makanan yang sudah kamu makan.

 

1 dari 2 halaman

3. Keringat yang Terus Menempel di Tubuh

Saat kamu berada di luar angkasa maka tubuh kehilangan kemampuan untuk menyerap kalsium. Oleh karena itu, kegiatan olahraga merupakan hal yang wajib dilakukan di luar angkasa. Namun, lebih anehnya keringat yang kamu keluarkan tidak akan lepas dari badan.

Dan salah satu solusinya yaitu membersihkannya dengan handuk. Ini dia bagian terjoroknya, handuk bekas keringat tadi akan digunakan lagi sebagai sumber air minum kamu nantinya. 

4. Air Mata yang Tidak Bisa Menetes

Seperti layaknya keringat yang tidak mau lepas dengan tubuh. Menangis juga menjadi hal yang sangat enggak enak saat kamu berada di luar angkasa.

Lebih buruknya jika kamu menangis layaknya sudah putus sama pacar alias nangis banyak, maka hal tersebut bisa jadi mimpi buruk bagi kamu. Karena air mata yang kamu keluarkan akan menutupi seluruh mata dan menganggu penglihatan pastinya.

5. Mabuk Luar Angkasa

Sama seperti di Bumi, saat kamu berada di luar angkasa dan lepas dari gravitasi, tubuh juga harus beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jika tubuh belum beradaptasi sempurna maka kamu merasakan mabuk luar angkasa. Rasa mabuk hampir sama seperti di Bumi, yaitu mata berkunang-kunang, ingin muntah, pusing, dan mual-mual.

Sumber: https://jalantikus.com/gokil/hal-aneh-di-luar-angkasa/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
7 Fenomena Alam yang Belum Dapat Dijelaskan
Artikel Selanjutnya
Ini 4 Hal yang Terjadi Jika Alien Mendarat ke Bumi?