Sukses

Final Coaching, Finalis CJA Balikpapan Dibekali Kiat Presenting

Liputan6.com, Balikpapan Agenda coaching pamungkas dijalani 22 finalis Citizen Journalist Academy (CJA) Balikpapan, Sabtu (28/10/2017). Berlangsung di lantai 2 Kafeku, Sepinggan Pratama, kelas ini menghadirkan Coach Zulfikar Naghi, yang membagi tips-tips dasar tentang presenting  dan public speaking.

News anchor yang akrab disapa Zul ini memulai kelas dengan membedah kemampuan presentasi finalis dari bidang public relation. Sesi yang dimulai setelah jeda istirahat siang itu berlanjut dengan mengeksplor kemampuan yang sama dari seluruh finalis.

“Jadi kalau kalian mempresentasikan sesuatu, rileks saja. Tidak usah ingin terlihat tampan ataupun cantik. Tampil saja apa adanya, sesuai dengan konteks materi yang disampaikan,” kata Zul, sembari mencontohkan trik dubbing dari salah satu naskah berita finalis. Ia juga mengingatkan pentingnya ekspresi saat membaca naskah. Hal ini tak hanya berlaku saat sesi piece to camera (PTC), namun juga penting saat pembacaan narasi.

News anchor yang akrab disapa Zul ini memulai kelas dengan membedah kemampuan presentasi finalis dari bidang public relation

 

“Jadi, ekspresi ini akan memengaruhi kesan yang kalian timbulkan dari naskah yang dibaca. Misal untuk konten yang lucu, maka ceritakanlah dengan ekspresi yang hangat dan santai. Sebaliknya, untuk cerita yang serius, gunakan mimik yang serius juga,” ujarnya.Selain membagi tips tentang presenting, Zul juga memberi kesempatan para finalis mengkonsultasikan objek yang akan diliput untuk penugasan ke-11, pekan ini. Dia meminta agar para finalis benar-benar memastikan aspek news value dari objek tersebut, khususnya pada nilai keunikan.

Sebelum kelas bersama Zulfikar Naghi, finalis CJA Balikpapan lebih dulu mengikut sesi tentang jurnalistik bersama mentor regional, Nur Rahman. Pada kelas pertama ini, artikel dari beberapa finalis dibedah untuk diulas bersama.

“Di awal program, kita mungkin banyak membedah sisi penulisan. Karena sudah cukup banyak kemajuan, selanjutnya evaluasi akan lebih banyak menyentuh aspek pemilihan topik atau angle berita. Poin ini menjadi catatan penting dari coach untuk finalis Balikpapan,” terang Rahman.

 

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Artikel Selanjutnya
Peluang Anak Didik Kelima Mentor di Stand Up Comedy Academy 3