Sukses

Berkat Do'a Orang tua, Wiki Lolos Menjadi Finalis CJA

Liputan6.com, Balikpapan Tak pernah terbayangkan dalam benak gadis bernama lengkap  Wiki Kridayanti ini untuk dapat bergabung bersama orang-orang hebat dan berpengalaman, Terlebih dalam dunia pertelevisian. Melalui ajang Citizen Journalist Academy di Balikpapan, Wiki panggilan akrabnya, berkesempatan bergabung dengan mereka, dengan masuk 30 besar finalis dari Balikpapan.

Beberapa bulan lalu, banyak sekali broadcast massage baik di grup dan beranda media sosial teman-teman nya soal kegiatan CJA ini. Mulailah muncul rasa penasaran dan ia pun memutuskan untuk mencari tahu soal CJA. Kemudian akhirnya ikut mendaftarkan diri.

Kegiatan audisi ini dibuka dengan workshop di Gedung Kesenian Balikpapan, di tengah acara diumumkan semifinalis yang lolos ke tahap 2 audisi, saat itu ia tidak berharap banyak mengingat begitu banyaknya peserta yang mendaftar. Dan di luar dugaan, ternyata ia terpilih menjadi salah satu semi finalis bidang menulis. Saat itu pula, para semi finalis bidang menulis diminta menulis laporan liputan workshop CJA pada hari itu.

Pada tahap kedua, saat Kota Balikpapan sedang dilanda musim hujan. Kami para semi finalis berkumpul di Hotel Grand Tjokro, kemudian diberi nomor-nomor audisi. Saat itu, tampak sekali wajah-wajah dari para peserta lain yang entah senang, entah gugup sebab saat itulah penentuan seleksi ke tahap coaching selama 3 bulan ke depan.

Setelah menunggu lama, tibalah giliran dirinya untuk diwawancara oleh coach Jemmy Darusman. Dengan pembawaannya yang begitu bersahaja ia menanyakan tulisan yang telah ditugaskan pada gadis berhijab ini. Ia pun diminta untuk menulis ulang karena tulisan yang seharusnya ia bawa terselip entah kemana. Awalnya ia merasa kecewa karena tulisannya hilang dan merasa bingung. Namun perlahan ia mulai menjelaskan.

Banyak koreksi dan ilmu Wiki dapatkan dari Coach Jemmy. Tak banyak harapan pula darinya untuk bisa lolos. Tiba saatnya untuk pengumuman, namun untuk bidang menulis dan public relations masih harus menunggu.

Sambil menunggu, ternyata ada tahapan wawancara lagi yang harus Wiki jalani. Kali ini, dengan Bapak Harun Mahbub Billah selaku Koordinator Regional Liputan6.com. Ia ditanya-tanyai lebih banyak soal dirinya pribadi, dan Bapak Harun merekomendasikan dirinya untuk dapat belajar di CJA ini, walaupun beliau tahu bahwa dasar tulisannya adalah sastra jauh sekali dari penulis berita.

Memasuki tahapan ketiga, Wiki mendapatkan kabar gembira bahwa ia lolos. Walaupun sebelumnya berfikir tidak lolos.Bergegaslah ia saat itu juga ke lokasi workshop. Diiringi turunnya hujan yang sangat deras,serta menambah dingin suhu ruangan. Workshop khusus dari coach Jemmy Darusman tentang public speaking, coach  Zulfikar Naghi mengenai creative content, kemudian coach Utrich Farzah tentang cara membaca berita, dan terakhir oleh coach Ryan Wiedaryanto mengenai jurnalistik berlangsung cukup meriah.

Sesi kedua workshop dilanjutkan pemaparan trik-trik dalam menulis bersama Bapak Harun. Selain itu juga ada pengenalan Pertamina kepada para finalis CJA Balikpapan. Dan terakhir, ditutup oleh pengenalan industri media digital di era millenia oleh Sulistyo Hadi selaku Head of community liputan6.com.

Dengan waktu yang amat singkat ini, Wiki sadar, untuk sampai di sini, do’a orang tualah yang menghantarkannya.Sebab tugasnya hanya berusaha dan Allah yang menentukan. Nantinya selama 3 bulan, semua finalis akan dibimbing untuk dapat menghasilkan karya-karya yang kreatif.

Wiki berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menjadikannya berguna bagi masyarakat dan dapat memotivasi dirinya untuk terus menulis. Tidak hanya itu, semoga kegiatan CJA ini sukses agar dapat melahirkan jurnalis-jurnalis baru berbakat di kota-kota lainnnya. Sehingga masih ada kesempatan bagi kawan-kawan untuk bergabung bersama CJA nantinya. Baginya, setidaknya, dengan mencoba ia tidak kalah di depan. Cobalah, juara bukan tentang kalah ataupun menang, melainkan ia yang mengupayakan dirinya untuk berjuang, itulah pemenang. Selama hal itu positif. Kenapa tidak? Semangat berkarya wahai anak muda.

 

Penulis:

Wiki Kridayanti - Universitas Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan

 

 

Artikel Selanjutnya
Anak Didik GilBhas Gantung Mic di Grup 1 Top 35 SUCA 3
Artikel Selanjutnya
Peluang Anak Didik Kelima Mentor di Stand Up Comedy Academy 3