Sukses

Raden Roro , Tak Hanya Ingin Menulis Tapi Juga News Presenting

Liputan6.com, Balikpapanalikpapan Akrab dengan dunia tulisan sejak awal duduk di bangku menengah pertama, itu artinya sepuluh tahun sudah sejak 2007 silam. Raden Roro Mira Budiasih atau akrab disapa Roro gemar menulis gara-gara ingin mendapat hadiah. Sebuah buku tentang kiat menulis naratif-deskriptif dari guru SMP-nya.

Dari masa rok biru itulah Roro senang menulis. Dia juga tergabung sebagai pengurus pers mahasiswa di kampusnya, Universitas Mulawarman Samarinda sejak mahasiswa baru hingga sekarang. Banyak cerita dalam mencari berita di kesehariannya. Menghadapi berbagai narasumber dengan karakter berbeda-beda menjadi makanan baginya.

Sampai akhirnya mengantarkan dia menjadi wartawan salah satu surat kabar harian di Kalimantan Timur. Terhitung Desember 2014 gadis kelahiran 1995 itu aktif menjadi awak redaksi hingga saat ini.Akibat hobinya menulis, Roro juga pernah mengikuti program magang di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) terhitung 27 Februari–9 Juni 2017 lalu.

Berseliweran di Istana Negara merupakan salah satu rutinitasnya. Menjadi wartawan kementerian dan monitoring media sosial Kemensetneg merupakan tugas utama mahasiswi program studi Ilmu Komunikasi tersebut.

Jurnalistik ada dalam sebagian tarikan napas Roro. Perempuan kelahiran Tarakan itu akhirnya terpilih menjadi 30 finalis Citizen Journalist Academy (CJA) Energi Muda Pertamina. Program akademi besutan Pertamina, Liputan6 dan Indosiar itu digelar di tiga kota termasuk Balikpapan, tempat Roro mendaftar.

Dia mengaku sempat pesimis karena tak kunjung menerima email konfirmasi. Setelah terpilih sebagai semifinalis, perempuan berkacamata itu melewati rangkaian audisi sejak pagi hingga sore. Namanya dinyatakan lolos untuk kategori menulis.

Selain menulis, dirinya juga tertarik pada dunia news presenting. Pernah menyabet juara 2 news reader se-Samarinda pada 2015 dan juara 3 reportase berita se-Samarinda pada 2016 lalu. Roro yakin CJA menjadi tempatnya untuk lebih mengembangkan bakat.

Prinsipnya adalah melampaui diri. Dia tak ingin menjadi Roro yang biasa-biasa saja setiap tahun. Berkat adanya CJA 2017, dia berharap bisa menjadi jurnalis yang paham mengenai pemberitaan media online dan televisi. Mengasah kemampuannya tampil di depan kamera pula.

 

Penulis:

Raden Roro Mira Budiasih  - Universitas Mulawarman

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan

Artikel Selanjutnya
Angelina Jolie: Aku Tak Betah Jadi Jomblo
Artikel Selanjutnya
Soal Jodoh, Begini Kata Prilly Latuconsina