Sukses

Saver, Ajak Pendaki Sadar akan Kebersihan Gunung

Liputan6.com, Jakarta Beberapa komunitas pencinta alam lokal dari Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang terbentuk menjadi satu wadah komunitas pencinta alam yang diberi nama SAVER (sahabat volunteer semeru). Komunitas yang berdiri sejak 2014 ini juga tidak dibayar. Saver terbentuk atas kesadaran tentang betapa pentingnya kebersihan gunung. Menurut mereka, kebersihan gunung adalah tanggung jawab bersama.

SAVER juga merupakan penggagas ide edukasi untuk para pendaki Semeru. Edukasi tersebut berupa breafing bersama para pedaki. Berisi informasi tentang kawasan Semeru, mulai dari awal pendakian, estimasi waktu pendakian, prilaku saat pendakian, kearifan lokal Semeru, konservasi dan gunung berapi.

“Karena kita ketahui bersama bahwa tidak semua pendaki tau aturan dan tidak semua pengunjung itu pencinta alam,” ujar Cakyo saat briefing pendakian di resort TNBTS Ranupani, Malang Jawa-Timur.

Anggota Saver sendiri terdiri dari beberapa kelompok pecinta alam Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Mereka sadar akan kebersihan dan ekosistem alam di Taman Nasional Semeru, kemudian selalu melakukan aksi bersih gunung setiap satu tahun dua kali.

“Jika tidak dikasih tau dari awal tentang kondisi di kawasan mulai dari suhu, cuaca, dan tentang gunung semeru sendiri akan banyak insiden yang tidak kita inginkan” Cakyo menambahkan.

Sebagai komunitas pencinta alam, SAVER berharap semoga dampak positif bisa sampai ke warrga sekitar dan pelaku wisata lainnya, serta ekosistem alam yang harus dijaga dan dilestarikan. Mereka hanya berharap, tidak ada lagi sampah–sampah di atas Gunung.

 

Penulis:

Dita Anggraeni – Universitas Gunadarma

Finalis Citizen Journalist Academy- Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan

Artikel Selanjutnya
Basarnas Jabar Paksa Turun Pendaki Bandel dari Gunung Cikuray
Artikel Selanjutnya
Pramuka Ingin Kenalkan Pancasila dan Dasa Dharma ke Eropa Barat