Sukses

CJA Dekatkan Gadis Ini dengan Mimpi Besarnya

Liputan6.com, Semarang Istiqomah Sheyla Al Kautsar, sat ini sedang menempuh studi pendidikan S1 Ilmu Komunikasi di Universitas Diponegoro Semarang. Sheyla panggilan akrabnya, sangat tertarik dengan dunia jurnalis. Bertemu dengan orang baru, mempelajari hal baru, bekerja dengan tim, dan hal hal yang berbau media. Untuk mendukung cita citaknya, ia pun mendaftarkan diri sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswa yaitu TV kampus yang bekerjasama dengan stasiun TV lokal.

Petualangan gadis berhijab ini dimulai  saat ia berhasil masuk ke TV kampus yang bersaing dengan ratusan CV yang masuk. Segala komitmen yang sudah di ucapkan saat berlangsungnya tahap interview hingga berhasil masuk sebagai crew tetap harus dijalani dengan penuh tanggung jawab. Kendala terbesarnya saat itu adalah susahnya transportasi karena belum memiliki kendaraan sendiri ditambah belum marak yang namanya transportasi online, dan angkutan umum menjadi salah satu pilihannya. Bertemu dengan narasumber, meliput acara hingga malam hari, dengan tidak memiliki alat transportasi sendiri memang menyulitkan. Akan tetapi niat dan passion yang kuat mengalahkan itu semua.

Bertemu dengan orang baru, mencoba hal yang baru, menjadi reporter, camera person, menulis naskah, hingga editing video sudah merupakan makanan sehari-hari baginya. Hal itu membuat kecintaan Sheyla terhadap dunia jurnalistik, khususnya jurnalistik pada media televisi semakin bertambah. Terkadang ada saja orang yang berkata, “liputan terus ngga lelah? Ngga bosen?” Lelah itu pasti, bosan juga pasti karena manusia memiliki titik jenuh tersendiri. Tapi jika sudah merupakan hobi, maka itu semua akan terlewati karena melakukannya dengan hati dan diniati, Ucap Sheyla.

Segalanya berubah tatkala untuk pertama kalinya di Kota Semarang diadakan acara Citizen Journalist Academy Energi Muda Pertamina 2017. Info tersebut  ia dapatkan melalui sejumlah pesan siar di media sosial. Setelah membaca ketentuan persyaratan, Ia pun tidak  menyia-nyiakan kesempatan langka tersebut, kusegerakan untuk mendaftar ke email yang telah ditentukan dengan melampirkan CV. Tiba saatnya pengumuman pertama lolos audisi Citizen Journalist Academy menggunakan CV yang diadakan bebarengan dengan Workshop yang diselenggarakan di gedung Balaikota Semarang. Tak disangka ternyata  Sheyla masuk dalam kategori audisi lolos menggunakan CV. Beryukur batinnya  dalam hati kala itu. Untuk peserta yang lolos tahap CV, dilanjutkan seleksi tahap kedua melalui Forum Group Discussion dan tahap wawancara. Peserta lain, ia mengaku memang hebat, sudah berpengalaman di bidang yang mereka pilih masing-masing. Pastilah ini akan menjadi persaingan yang ketat.Ia pun berdoa dalam hati untuk menghasilkan yang terbaik.

Peserta dipanggil menuju kedepan  berdasarkan kategori. Tiba saatnya untuk kategori menulis, sesuai bakatnya. Delapan orang dari Menulis dipanggil oleh Coach Ryan. Enam peserta yang lolos sudah dipanggil, tersisa dua orang lagi dan nomor peserta Sheyla belum dipanggil juga. Sempat pesimis, tiba-tiba terdengar suara M-011, dirinya masih saja melamun hingga diulang sampai dua kali. Tiba-tiba matanya tertuju melihat ke arah nomor dada miliknya sendiri  dan ternyata benar yang dipanggil adalah nomor dada Sheyla.

Bahagia, senang, bersyukur campur aduk dalam hatinya. Sheyla percaya pelan-pelan mimpinya untuk dapat bergelut di dunia pertelevisian nasional semakin terbuka saat terpilih menjadi bagian dari 30 mahasiswa berbakat kota Semarang untuk Menjadi bagian Citizen Journalist Academy Energi Muda Pertamina 2017. Nantinya Sheyla dan yang lainnya akan berkompertisi dalam membuat sebuah karya jurnalistik. Entah sebagai batu loncatan, atau alasan lain, ia yakin kesempatan ini adalah rezeki dari Tuhan sebagai media pembelajaran dalam meraih angan. Dalam hati ia berjanji tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Ia yakin jika segala sesuatu sudah di niatkan dalam hati dan merupakan passion dalam diri, maka tidak ada yang mustahil. Dan segala rintangan dapat terlewati karena proses tersebut dilakukan dengan sepenuh hati.

 

Penulis:

Istiqomah Sheyla Al Kautsar – Universitas Diponegoro

Finalis Citizen Journalist Academy – Energi Muda Pertamina Semarang

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan

Artikel Selanjutnya
Menyedihkan, Sindrom Langka Buat Gadis Ini Lahir Tanpa Muka
Artikel Selanjutnya
5 Anak Orang Kaya yang Tinggalkan Harta demi Cinta