Sukses

Rujak Encim, Kuliner Legendaris yang Masih Eksis di Glodok

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan Glodok tidak hanya terkenal dengan pusat elektroniknya saja. Glodol juga terkenal dengan kuliner yang nikmat dan unik, seperti Rujak Shanghai Encim. Meski namanya Rujak Shanghai Encim, rujak unik ini bukan berasal dari negeri tembok besar ya alias Tiongkok ya.

Konon kabarnya, hadirnya nama ini karena dahulu sekitar tahun 1950 ada seorang ibu bernama Encim Ahung yang berjualan di depan bioskop Shanghai yang kini berganti nama menjadi bioskop Asia. Berkat keunikan dan rasanya yang nikmat, Rujak Shanghai Encim ini terkenal hingga sekarang.

Penganan unik ini tidaklah berisi buah-buahan dan bumbu gula Jawa, melainkan berisi campuran kangkung, juhi (cumi besar), ubur-ubur, lobak, dan timun.

Kangkung, juhi, dan ubur-ubur direbus lebih dahulu. Setelah direbus dengan waktu yang tak terlalu lama agar rasanya masih segar, kangkung, juhi, dan ubur-ubur dipotong-potong dan diletakkan ke dalam piring. Sebelumnya, acar timun dan lobak sudah memenuhi bagian dasar piring sebelum akhirnya tertutup dengan potongan kangkung, juhi, dan ubur-ubur.

Setelah semuanya siap, selanjutnya kucuri dengan kecap asin, ditambah dengan bawang putih yang sudah dihaluskan dan dicampur air, saus tomat, dan sambal tomat

Selanjutnya, giliran saus merah kental dilumurkan di atas semua bahan matang tadi hingga akhirnya taburan bumbu kacang tanah menutup semuanya.

Sebelum kamu melahap rujak unik ini, jangan lupa untuk mengaduk semua bahan dalam piring ya, agar bumbu merata. Soal rasa, tentu tidak perlu diragukan lagi. Kamu bisa merasakan rasa asam, manis, asin, pedas jadi satu. Nah, untuk kamu yang suka pedas, kamu bisa menambahkan sambal agar rasanya lebih nikmat.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
15 Makanan Khas Cirebon Ini Bertahan dari Gempuran Junk Food
Artikel Selanjutnya
3 Resto Bebek Paling 'Ngehits' di Bali