Sukses

Edutrip Finalis CJA Balikpapan Bersama Pertamina

Liputan6.com, Balikpapan Education Trip Finalis Citizen Journalist Academy (CJA) - Energi Muda Balikpapan bersama Pertamina, diselenggarakan pada Kamis (28/9/17). Para finalis CJA berkesempatan melihat dan mempelajari alur produksi pengemasan bahan bakar minyak (BBM) dan gas elpiji, sebelum dipasok ke distributor.

Finalis CJA berkumpul di Gedung Serbaguna Terminal BBM (TBBM) pertamina, Jalan Yos Sudarso, Balikpapan. Kemudian mendapat pemaparan dan penjelasan tentang aktivitas di TBBM, prosespengemasan elpiji 3 kg, produk Bright Gas dan proses distribusi BBM.

Setelah mendapat pemaparan dan penjelasan langsung oleh tim Public Relation Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan, para finalis turun langsung ke lapangan dengan dipandu oleh Wisnu Fajar Riyanto selaku Junior Supervision Distribution TBBM Pertamina MOR VI Kalimantan. Sebelum memasuki area TBBM, peserta diwajibkan memakai alat pelindung diri meliputi sepatu safety, rompi, dan helm.

Di TBBM para finalis diajak ke area proses pengisian BBM dari mesin pompa sampai ke truk tangki. Kemudian ke area depot pengisian gas elpiji 3 kg, mulai dari penyimpanan gas di tanki penimbunan hingga pengemasan akhir.

Area Manager Communication and Relation Pertamina MOR VI Alicia Irzanova beranggapan kegiatan Edutrip seperti ini sangat penting untuk dilakukan, "anak muda saat ini lebih kritis dan lebih suka untuk mengeksplor sendiri, dan berharap melalui kegiatan ini anak muda khususnya para finalis lebih dekat dan bertambah pengetahuannya tentang proses dibalik produk pertamina. Serta dapat membagikan informasi yang mereka dapatkan dengan peyampaian yang dikemas oleh mereka sendiri, sehingga mudah diterima di lingkungan sekitarnya,” ujar perempuan yang akrab disapa Alice itu.

 

Penulis:

Tri Cahyo Utomo – Institut Teknologi Kalimantan

Finalis Citizen Journalist Academy – Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Pertamina Beri Kejutan ke Pelanggan Pertamax Cs di 52 SPBU
Artikel Selanjutnya
Peluang Anak Didik Kelima Mentor di Stand Up Comedy Academy 3