Sukses

Jarang Mematikan Komputer atau Laptop, Bahayakah?

Liputan6.com, Jakarta - Perangkat komputer dan laptop yang kamu punya tentunya bukan barang murah. Digunakan untuk aktivitas sehari-hari, terutama buat kamu yang sibuk dengan tugas kuliah atau yang sehari-hari berurusan dengan dokumen-dokumen pekerjaan, kadang kita lupa memperlakukan komputer atau laptop kita dengan baik.

Salah satunya dalam hal mematikan perangkat komputer atau laptop. Setiap orang pasti punya cara dan kebiasaan yang berbeda dalam hal yang satu ini. Ada yang selalu mematikan komputer atau laptop sepenuhnya (shut down), ada yang lebih suka mengistirahatkannya sementara dengan sleep, dan ada juga yang lebih sering meng-hibernate.

Kebutuhan Penggunaan Perangkat

Pertama adalah kebutuhan penggunaan perangkat. Kamu bisa melakukan shut down jika pekerjaan kamu di komputer atau laptop sudah selesai. Apalagi jika kamu gak akan menggunakannya dalam waktu yang lama, maka mematikannya secara total adalah pilihan yang tepat.

Jika pekerjaanmu di perangkat belumlah selesai dan kamu ingin melanjutkannya dalam waktu dekat, maka kamu lebih direkomendasikan untuk menggunakan mode sleep. Mode yang satu ini dirasa cocok karena hanya memerintahkan perangkat untuk masuk ke daya rendah. Jadi, berbagai pekerjaanmu yang belum selesai bisa langsung dilanjutkan begitu perangkat diaktifkan.

Jika kamu dalam kondisi juga ingin melanjutkan pekerjaan yang belum selesai, tapi dalam jangka waktu yang cukup lama, maka kamu direkomendasikan untuk menggunakan mode hibernate. Nyaris seperti sleep, mode hibernate yang berasal dari kata hibernasi (tidur panjang) juga memungkinkan perangkat mempertahankan aplikasi yang sedang digunakan meski dimatikan dalam waktu lama.

1 dari 2 halaman

Seri Perangkat

Kedua adalah seri perangkat. Beberapa seri komputer atau laptop keluaran terbaru kini dirancang untuk memungkinkan penggunaan jangka panjang tanpa harus dimatikan secara penuh. Artinya, sebenarnya enggak masalah jika kamu termasuk tipe yang jarang bahkan nyaris enggak pernah mematikan komputer atau laptop.

Meski begitu, ternyata ada beberapa masalah yang bisa ditimbulkan jika perangkat enggak pernah dimatikan sama sekali. Dari segi software atau aplikasi yang kamu gunakan, lama-kelamaan akan jadi berat dan bisa jadi lemot karena banyaknya junk yang terus-menerus ditumpuk akibat perangkat yang gak pernah dimatikan.

Sedangkan dari segi hardware, sama halnya dengan software. Mempertahankan kondisi layanan dan aplikasi yang sedang kamu gunakan tentu membutuhkan kapasitas penyimpanan. Terus-menerus ditumpuk karena perangkat yang enggak pernah dimatikan total, hardware kamu lama-kelamaan akan penuh dan dipaksa bekerja lebih keras. Jadi, ada baiknya untuk sesekali mematikan perangkat komputer atau laptop kamu, bukan?

Sumber: https://jalantikus.com/tips/bahaya-jarang-mematikan-komputer-laptop/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips Lindungi Informasi Pribadi di Dunia Maya
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Atasi Laptop yang Basah Kena Air