Sukses

Hanya dengan 249 Truk Tangki, Pertamina Suplai BBM ke Jabodetabek

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda melihat truk tangki pengangkut BBM yang berseliweran di jalan-jalan? Ya, selama ini warga kerap kali melihat kendaraan tersebut di hampir seluruh jalan di negeri ini, khususnya di berbagai jalan di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Ternyata, dari 923 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di Marketing Operation Region (MOR) III Jakarta, meliputi Jabodetabek, serta sebagian wilayah Banten dan Jawa Barat (Jabar), truk tangki yang menyuplai seluruh SPBU tersebut hanya berjumlah 249 unit.

Hal itu dijelaskan langsung oleh Area Manager Communication and Relations JBB Yudy Nugraha, dalam pemaparan singkatnya di hadapan puluhan Jurnalis muda, dibawah naungan Liputan6.com, mengenai frame work Pertamina Jakarta Group (Plumpang), beberapa waktu yang lalu. “... Jumlahnya ada sekitar 249 unit yang melayani MOR III dan akan terus bertambah seiring perkembangan banyaknya jumlah SPBU,” ujarnya.

Ia melanjutkan, dengan sistem pengisian terpusat di Terminal BBM Plumpang, Jakarta Utara, serta jumlah truk tangki pengangkut BBM yang terbatas, jarak tempuh dari Terminal BBM Plumpang ke SPBU tujuan selalu menjadi tantangan tersendiri dalam mendistribusikan BBM se-efektif dan se-efisien mungkin.

Akan tetapi, Yudy menegaskan bahwa ia dan timnya tak bisa menghindari berbagai kendala yang menghadang saat pendistribusian BBM.

“Kendala di lapangan selalu saja terjadi, seperti banjir, kemacetan, bencana alam, hingga kendala-kendala lainnya yang di luar dugaan. Hal itulah yang kemudian menyebabkan terkadang di beberapa SPBU kehabisan stok BBM, baik itu jenis Premium, Pertalite, Pertamax, ataupun Pertamax Turbo,” tegasnya.

Berbagai kendala tersebut kemudian diperparah dengan konsumsi BBM yang terus meningkat di setiap tahunnya. Tercatat, saat ini jumlah rata-rata konsumsi BBM di MOR III sebanyak 180 juta liter per hari yakni Pertamax, Bio Solar, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex.

Dengan konsumsi BBM yang terus meningkat, permintaan stok BBM di beberapa SPBU menjadi begitu cepat dan berimbas pada mobilitas truk tangki BBM yang menjadi sangat kompleks.

 

Penulis:

Alpin Hardiyansah - Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Konsumsi Bensin Naik Saat Libur Idul Adha
Artikel Selanjutnya
Hadapi Idul Adha, Pertamina Jabar Siapkan 7 Kantong BBM