Sukses

Finalis CJA Lihat Langsung Distribusi BBM Sambil Belajar Keamanan

Liputan6.com, Balikpapan Para finalis Citizen Journalist Academy (CJA) Balikpapan mendapatkan kesempatan mengikuti Edu Trip pertama kalinya dari Pertamina. Edu Trip perdana ini merupakan kunjungan ke TBBM (Terminal Bahan Bakar Minyak) dan Depot LPG yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Balikpapan.

Sesuai dengan SOP perusahaan PT. Pertamina (Persero), setiap pengunjung wajib melaporkan diri dan juga mengikuti tanda-tanda serta instruksi yang ada di sekitar lingkungan Pertamina untuk menghindari bahaya-bahaya dan resiko yang dapat terjadi.

Sebelum berangkat menuju TBBM dan Depot LPG, para finalis terlebih dahulu berkumpul di lobby kantor Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan sambil menunggu arahan selanjutnya dari TBBM dan Depot LPG. Saat memasuki lingkungan TBBM, security setempat memeriksa seluruh barang bawaan para finalis. Beberapa benda seperti rokok dan ponsel dilarang untuk dibawa masuk ke dalam area TBBM, sedangkan kamera digital boleh dibawa ke dalam TBBM dan Depot LPG dengan syarat flash/blitz kamera tidak diaktifkan.

Di dalam gedung serba guna para finalis dijelaskan beberapa materi terkait dengan TBBM dan Depot LPG oleh pihak pertamina Balikpapan. Diantaranya ada Wisnu Fajar, Ferly Herdian, Ahmad Ubaidilah dan Tri Yuda yang mempunyai peran masing-masing saat penjelasan materi.

Sebelum pemaparan materi, hal yang wajib dilakukan selain berdoa adalah Safety Briefing, yaitu penyampaian tentang keamanan. Mulai dari jalur-jalur dan tempat berkumpul yang dituju jika suatu waktu terjadi suatu kecelakaan, atau pun jika terjadi musibah di lingkungan tersebut.

Di dalam pemaparan materi para speaker juga menjelaskan macam-macam tindakan pencegahan dan inovasi oleh Pertamina guna mencegah suatu resiko dan bahaya untuk para konsumen. Diantaranya adalah mengenai manajemen mutu untuk produk LPG. Setelah pemaparan materi selesai, para peserta diajak melihat-lihat proses dari hulu ke hilir langsung di lapangan.

Sekali lagi perihal keselamatan sangat ditekanankan di dalam area Pertamina ini guna menjaga komitmen perusahaan dan tentunya untuk melindungi sesama. Sebelum memasuki area TBBM dan Depot LPG, para finalis wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang terdiri dari safety helmet, rompi reflector dan safety shoes.

Saat berada di area TBBM dan Depot LPG para finalis memainkan perannya masing-masing. Ada yang membuat video, menulis, bertanya-tanya hingga wawancara ekslusif dengan Alicia Irzanova selaku Area Manager Communication and Relation Kalimantan. Setelah Edu Trip selesai para perserta pun antusias mempromosikan tantangan dari Pertamina Balikpapan, yaitu Tantangan Berani Beralih yang infomasi lengkapnya bisa dibaca melalui instagram Pertamina Balikpapan (@pertaminabpn). Edu Trip kemudian ditutup dengan foto bersama dengan seluruh speakers.

 

Penulis:

Candra Winata – Universitas Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy – Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini Solusi Djarot untuk Pengendara Sepeda Motor di Jakarta
Artikel Selanjutnya
Cerita Menteri Rini Soal Bos BUMN yang Tak Mau Hidup Susah