Sukses

Finalis CJA Balikpapan Telusuri Aktivitas di TBBM lewat Edu Trip

Liputan6.com, Balikpapan Pada Kamis (28/09/17), para finalis Citizen Journalist Academy Balikpapan melakukan Edu Trip bersama Pertamina. Para finalis atau biasa disapa Energi Muda Pertamina ini mulai berkumpul pukul 08.30 WITA di kantor MOR VI Kalimantan yang terletak di Jalan Yos Sudarso, No. 148 Balikpapan.

Setelah seluruh finalis berkumpul, mereka diarahkan ke gedung serbaguna Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) untuk diberi pengarahan. Diawali dengan penjelasan safety induction yang disampaikan oleh Sugeng dari pihak TBBM. Setelah itu dilanjutkan penjelasan TBBM, Depot LPG, Bright Gas, hingga tantangan berani beralih. Selain diberikan penjelasan para finalis diberikan waktu untuk bertanya agar bisa lebih memahami tentang Pertamina.

Setelah mendengarkan penjelasan, para finalis CJA mulai terjun langsung ke lapangan untuk melihat cara kerja Pertamina secara lebih dekat. Sebelum ke lapangan para finalis sudah mengenakan pakaian safety yang telah disediakan. Edu Trip ini dipandu langsung oleh Wisnu Fajar Riyanto selaku Junior Supervision Distribution MOR VI Kalimantan.

Pertama, para finalis diajak melihat proses produksi BBM hingga siap didistribusikan. Lanjut ke Depot LPG, disini para finalis bisa langsung melihat proses pengisian gas LPG yang biasa digunakan di rumah.

Keseruan Edu Trip ini terus berlanjut karena selain dapat melihat cara kerja Pertamina, para finalis juga disuguhkan pemandangan yang menarik. Dari TBBM para finalis dapat melihat langsung keindahan kilang minyak di Balikpapan secara dekat. Selain tim video yang sibuk merekam kegiatan ini, tidak sedikit finalis yang mengabadikan momen langka ini untuk berfoto.

Setelah selesai menjelajahi TBBM dan Depot LPG, para finalis kembali ke gedung serbaguna untuk makan siang. Memang melelahkan berjalan kaki saat Edu Trip ini, namun hal tersebut tidak sebanding dengan apa yang didapatkan para finalis. Melalui Edutrip ini, Area Manager Communication and Relation Pertamina Kalimantan Alicia Irzanova berharap para finalis bisa mengembangkan pengetahuannya serta dapat berbagi cerita kepada teman-temannya tentang proses kerja dari Pertamina.

 

Penulis:

Wahyuni Luvitasari - Binus Online

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: