Sukses

Nuklir dan Laser, Ini 4 Cara NASA Hentikan Asteroid Berbahaya

Liputan6.com, Jakarta - National Aeronautics and Space Administration (NASA) adalah sebuah lembaga milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa Amerika Serikat dan penelitian umum luar angkasa jangka panjang. Organisasi ini bertanggung jawab atas program penelitian luar angkasa bagi masyarakat sipil, aeronautika, dan program kedirgantaraan.

Sebagai lembaga yang meneliti luar angkasa. NASA tidak hanya meluncurkan roket ke luar angkasa, tapi mereka juga harus memikirkan keselamatan Bumi dari benda luar angkasa. Asteroid merupakan salah satu benda luar angkasa yang patut diperhatikan.

Keberadaan asteroid bisa berbahaya jika menghantam Bumi. Ternyata NASA sudah memiliki rencana jika suatu saat terdeteksi asteroid akan jatuh ke Bumi.

Berikut rencana NASA yang bisa kita ketahui agar kita dapat bertahan di Bumi.

1. Mengubah Medan Gravitasi

Jika pada suatu saat teleskop di Bumi melihat benda langit berukuran besar yang akan menabrak Bumi, NASA memiliki rencana untuk mengirimkan pesawat luar angkasa untuk melintasinya pada saat di luar angkasa, sehingga jalur asteroid tersebut diharapkan akan berubah sehingga berbelok dari Bumi.

Agar hal ini terjadi, NASA harus mempersiapkan pesawat luar angkasa yang besar dan memiliki kecepatan yang bisa menyetarai kecepatan asteroid yang akan jatuh.

2. Dampak Kinetik

Tidak jauh berbeda dengan yang pertama, cara ini juga akan mengirimkan pesawat luar angkasa yang besar. Pesawat tersebut akan mengubah jalur gravitasi asteroid yang akan menghantam Bumi.

Namun, asteroid yang jalurnya diubah akan diarahkan ke asteroid lain sehingga terjadi tabrakan antar asteroid. Tentu hal tersebut harus diperhitungkan sudutnya terlebih dahulu.

 

1 dari 2 halaman

3. Menggunakan Laser

Untuk saat ini ide tersebut tidak dapat direalisasikan karena belum ada laser yang bisa menghancurkan benda langit yang ditembaki dari Bumi. Namun, NASA percaya suatu hari nanti teknologi ini akan dibuat manusia karena alat tersebut bisa memastikan kehidupan manusia di Bumi akan berlanjut.

4. Hancurkan dengan Nuklir

Jika rencana sebelumnya tidak bisa terwujud, cara terakhir yang dipikirkan NASA yaitu dengan mengirim sebuah roket yang diberi sebuah nuklir.

Jadi, jika suatu saat sebuah asteroid besar akan menghantam Bumi maka NASA mengirimkan roket yang sudah diberikan nuklir kemudian menabrakanya. Mengingat ukurannya yang besar dan kecepatannya sangat tinggi, cara ini mungkin tidak akan menghancurkan sepenuhnya, tetapi sudah memperkecil asteroid tersebut.

Penulis:

Reza Sugiharto 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Pasca-Uji Coba Nuklir Korut, Trump Setuju Jual Senjata ke Korsel
Artikel Selanjutnya
5 Fakta Mengerikan Bom Hidrogen