Sukses

Pertamina Sebagai Penopang Bangsa

Liputan6.com, Balikpapan Terminal BBM Pertamina Balikpapan yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Balikpapan merupakan penyuplai Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Depot gas Elpiji. Area yang dicakup oleh Pertamina Balikpapan dalam pendisribusian yaitu Balikpapan, Paser Utara, Samarinda, Kutai Kartanegara dan sekitarnya.

Dalam rangka mensosialisasikan dan mengajak masyarakat beralih dari premium ke pertalite ataupun dari Elpiji 3kg ke 5 kg, Pertamina Balikpapan membuat sebuah terobosan baru yaitu membuat sebuah tantangan berani beralih. Menurut Area Manager Communication and Relation Kalimantan Alicia Irzanova, tantangan berani beralih yang dipelopori oleh Pertamina membidik generasi milenial yang sering menggunakan sosial media dalam setiap kegiatan.

Junior Supervisor Distribution MOR VI Wisnu Fajar Riyanto yang memandu selama di TBBM mengatakan semakin hari, masyarakat mulai sadar untuk berani beralih dari BBM atau Elpiji yang memang dikhususkan untuk orang miskin dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Ini juga merupakan bentuk menyukseskan program pemerintah dalam hal memberikan subsidi kepada orang yang tepat.

Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti tantangan berani beralih. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya masyarakat yang memposting foto maupun video yang sesuai dengan tema yang dipilih oleh Pertamina. Tak sedikit juga masyarakat yang berhasil memenangkan lomba tantangan berani beralih ini.

Selain itu ada akses untuk masyarakat yang dipilih oleh Pertamina untuk dapat melihat dan merasakan, bagaimana proses produksi yang ada kilang Pertamina Balikpapan dengan dipandu oleh tim Public Relations Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan.

Edutrip dijalani para finalis Citizen Journalist Academy Balikpapan. Dalam kesempatan itu Pertamina memberikan informasi mengenai safety ready kepada para finalis CJA Balikpapan. Banyak ilmu yang didapat dalam edutrip tersebut, seperti prosedur distribusi BBM dan Elpiji sebelum semuanya dikemas rapi dan didistribusikan dalam bentuk tabung maupun dijual di SPBU

Luhur, salah satu peserta Edutrip (28/9/17) menuturkan, “saya sangat beruntung bisa masuk dan belajar bagaimana proses di terminal BBM maupun Depot Elpiji Pertamina, melihal alat–alat yang besar dan dijelaskan seperti apa fungsi dari semuanya. Tak semua orang dapat masuk dan belajar prosedur produksi sampai pendistribusian produk Pertamina."

 

Penulis:

Luhur Budi Firman Toyib – Universitas Mulawarman

Finalis Citizen Journalist Academy – Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Negara Harus Jamin Kesejahteraan Rakyat
Artikel Selanjutnya
Komisi VI: Presiden Tidak Optimal Majukan Koperasi dan UKM