Sukses

Finalis CJA Jakarta Bagi-bagi Ilmu di Sekolah Master

Liputan6.com, Jakarta Sejatinya niat membawa kebaikan, berbagi tehadap sesama tanpa pandang bulu dikerjakan karena adanya dorongan dalam hati dan dilakukan secara ikhlas. Berbagi bisa dalambentuk apapun, seperti halnya berbagi ilmu pengetahuan yang kita miliki. Hal ini sangat membantu bagi orang yang membutuhkan ilmu tersebut.

Citizen Journalist Academy Jakarta, kembali hadir dengan kegiatan CJA Goes To School yang bertemakan Kelas Berbagi. Kegiatan ini ditujukan kepada siswa-siswi di tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Mengenal profesi jurnalis, internet positif, serta Pertamina Things merupakan pembahasan, yang akan diperkenalkan melalui agenda Kelas Berbagi ini.

Pada Rabu (01/11/17) para finalis CJA Jakarta memulai kegiatan ini dengan mengunjungi Sekolah Master Indonesia yang berada di wilayah Depok, Jawa Barat. Tepatnya berada di area Stasiun Depok Baru dengan para siswa yang memiliki latar belakang kurang mampu.

Alasan kuat dipilihnya sekolah ini menjadi target diadakannya CJA Goes To School yakni, materi pelajaran yang diberikan di sekolah ini tidak selengkap Sekolah Dasar pada umumnya. Agenda Kelas Berbagi diadakan di Sekolah Master, agar para siswa memiliki pengetahuan dan wawasan baru mengenai ilmu jurnalistik yang belum mereka ketahui.

‘Bebas’ mungkin menjadi kata yang dapat menggambarkan keadaan para siswa di Sekolah Master atau kerap dikenal Masjid Terminal. Tanpa mengenakan baju seragam sekolah dan hanya mengenakan sandal, tidak menyurutkan kemauan mereka dalam mengemban ilmu.

“Disini memang bebas, mau mereka pakai seragam bebas pun ga masalah, mau mereka pakai sandal jepit juga gapapa. Yang penting niat. Niat mereka mau belajar saja, sudah luar biasa. Jadi kita disini ngebebasin mereka mau pakai seragam apa engga,” ujar Mella salah satu guru tetap di Sekolah Master tersebut.

Kendati demikian, antusiasme mereka sangat terlihat saat Finalis CJA Jakarta berkunjung dan berbagi sedikit ilmu yang dimiliki. Para Finalis memberikan pengetahuan mengenai bidang Jurnalistik dan Public Relation serta menyelipkan sedikit pembahasan mengenai internet positif. Pembahasan dikemas sedemikian rupa agar para siswa lebih mudah memahaminya.

Menambah serunya suasana, para siswa pun dipersilakan untuk memperagakan secara langsung layaknya seorang Jurnalis sesungguhnya. Mereka berlomba-lomba mengacungkan tangan agar bisa terpilih untuk maju ke depan dan mencoba memperagakan salah satu profesi seorang Jurnalis. Ada yang menjadi layaknya seorang News Anchor bahkan Cameramen sekalipun. Tanpa rasa malu, mereka lakukan dengan percaya diri.

 

Penulis:

Witri Nasuha - Politeknik Negeri Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Anak Tumbuh Cerdas di Meikarta
Artikel Selanjutnya
Ikut CJA, Mimpi Pemuda dari Desa Itu Perlahan Terwujud