Sukses

Pertamina ajak Finalis CJA Kampanyekan Tantangan Berani Beralih

Liputan6.com, Balikpapan Finalis Citizen Journalist Academy Energi Muda Pertamina Balikpapan melakukan kegiatan Edutrip pertama pada Kamis (28/09/17) lalu. Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 WITA ini mengajak para finalis untuk mengunjungi beberapa tempat yang ada di Pertamina MOR VI Kalimantan mulai dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) hingga depot  Liquid Petrolium Gas (LPG).

Sebelum memasuki kawasan TBBM dan Depot LPG, para finalis mendapatkan pembekalan dan pengetahuan tentang TBBM dan depot LPG. Mulai dari proses pengolahan sampai dengan proses pemasaran. Yang menarik dari pembekalan Edutrip kali ini yaitu, ketika para finalis mendapatkan penjelasan tentang Tantangan Berani Beralih. Hal ini bertujuan untuk mengajak  anak muda Balikpapan mengkampanyekan program Berani beralih dari Pertamina.

Tantangannya pun beragam setiap bulannya. Seperti pada bulan Juni lalu, tantangannya bertemakan tentang Ini Operator Andalanku. Tema tersebut bertujuan untuk mengajak netizen berfoto dengan operator yang dirasa memiliki keunggulan dari operator lainnya. Dengan maksud menginformasikan tentang apa yang dilakukan operator selama proses pengisian berlangsung.

Sementara untuk bulan November ini, memasuki tantangan kedua yaitu Less Cash Society. Tujuannya yaitu untuk memberikan informasi kepada masyarakat  bahwa sekarang diseluruh SPBU di Kalimantan sudah di lengkapi dengan mesin Electronic Data Captures ( EDC). Dimana semua pengguna kartu debit atau kredit tinggal gesek untuk pembayaran. Tantangan ini juga mendukung program pemerintah mengenai gerakan non tunai dan turut serta mengurangi peredaran uang palsu.

Sistem dari tantangan ini cukup mudah, kita hanya perlu mengabadikan kegiatan bertransaksi sebesar 50.000 menggunakan alat EDC sebagai bukti dukungan terhadap gerakan berani beralih dan mengunggahnya di media sosial dengan caption terbaik serta hastag yang sudah ditentukan oleh @pertamina.

Sistem dari tantangan ini cukup mudah, kita hanya perlu mengabadikan kegiatan bertransaksi sebesar 50.000 menggunakan alat EDC sebagai bukti dukungan terhadap gerakan berani beralih

 

Para finalis pun cukup antusias ingin mengikuti tantangan ini. Terlebih setelah mereka mendapatkan pemaparan yang cukup jelas dari pihak pertamina. Sebagai generasi muda, tentu semua finalis ingin mendukung dan berpartisipasi di dalamnya.

 

Penulis:

Muhammad Rifky Maulana Gunawan - Universitas Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy – Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

 Saksikan Pilihan Video di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Jokowi: Negara dengan Ketahanan Pangan Kuat, Ambil Kendali Dunia
Artikel Selanjutnya
Jokowi: Kesejahteraan Petani Bisa Meningkat dengan Korporasi