Sukses

12 Fakta Cengkih yang Belum Kamu Ketahui Sebelumnya

Berikut ini kami telah rangkum beberapa fakta dan manfaat mencengangkan cengkih yang mungkin belum Anda ketahui selama ini.

Liputan6.com, Jakarta - Cengkih umum digunakan sebagai bahan campuran rokok karena dapat menambah cita rasa khas yang unik. Namun, tahukah Anda bahwa cengkih sebenarnya adalah kuncup bunga yang sudah dikeringkan. Jejak penggunaan cengkih tertua dalam sejarah manusia ditemukan di kapal keramik Suriah yang berasal dari tahun 1700 Sebelum Masehi.

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, berikut ini kami telah rangkum beberapa fakta dan manfaat mencengangkan cengkih yang mungkin belum Anda ketahui selama ini. Salah satunya, cengkih ternyata adalah tanaman asli dari Indonesia.

1. Cengkih adalah kuncup bunga kering

Kuncup cengkih dipetik sebelum saatnya mekar. Semula warnanya adalah hijau, tapi segera berubah menjadi cokelat begitu sudah mengering.

2. Pohon cengkih tertua berumur 400 tahun

Cengkih adalah tanaman asli dari sekelompok pulau (a.k.a sebuah kepulauan) di negara kita Indonesia, yaitu Maluku. Pulau-pulau ini di zaman kolonial dikenal sebagai pulau rempah-rempah karena pohon cengkih tumbuh hanya beberapa di antaranya saja. Afo adalah pohon cengkih tertua di dunia dan tumbuh di Pulau Ternate di Maluku.

3. Aroma cengkih yang khas dihasilkan dari senyawa eugenol

Eugenol adalah senyawa tajam dan ampuh yang dikenal dengan sifat penghilang rasa sakit yang kuat. Minyak inilah yang memberi aroma khas pada cengkih karena cengkih memiliki kandungan 80 persen eugenol.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Cengkih bisa digunakan untuk mengusir serangga

Aroma minyak cengkih yang sangat kuat dapat membuat beberapa jenis serangga tidak rahan dan menjauh, terutama semut dan ngengat. Jadi jika Anda menghadapi masalah dengan serangga di rumah, cukup bungkus beberapa cengkeh dengan kain katun kecil dan letakkan di tempat yang ada serangganya.

5. Cengkih dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan

Cengkih merangsang sekresi enzim pencernaan, dan dengan demikian, juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Plus, efek lainnya juga sangat ampuh untuk menyembuhkan perut kembung, iritasi lambung, mual, dan asam lambung.

6. Cengkih sangat efektif melawan kolera

Kolera adalah penyakit bawaan air yang menyebabkan diare, muntah, dan bahkan kematian, jika tidak diobati tepat waktu. Penelitian telah menunjukkan bahwa cengkeh memiliki efek bakterisida terhadap berbagai macam patogen, terutama bakteri yang menyebabkan kolera.

Selengkapnya, bisa kamu baca di: http://www.kampungbaca.com/2017/11/12-fakta-dan-manfaat-cengkeh-yang-mencengangkan.html

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.