Sukses

Perluas Area Kilang, Pertamina Konsisten Lakukan Penghijauan

Liputan6.com, Balikpapan Mengingat tingginya jumlah penduduk Indonesia, tentu berdampak pada tingginya kebutuhan akan bahan bakar, baik konsumsi, distribusi, maupun produksi. Sampai saat ini, PT Pertamina terus menjaga ketersediaan energi jangka panjang dengan program keberlangsungan dan keberlanjutan.

Oleh karena itu, PT Pertamina menjalankan proyek pembangunan perluasan kilang yang telah masuk di dalam daftar 225 Proyek Strategis Nasional Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Hal tersebut merupakan momentum dalam meningkatkan ketahanan nasional dalam bidang energi.

Salah satu lokasi yang akan mengalami perluasan kilang PT Pertamina adalah sebagian dari koridor Jalan Yos Sudarso, Balikpapan. Dalam proyek pengembangan kilang minyak Balikpapan, Refinery Development Master Plan (RDMP) akan meningkatkan kapasitas pengolahan minyak di tempat yang dijuluki “Kota Minyak” ini. Ditargetkan pada tahun 2020 mendatang, operasional perluasan kilang sudah dapat dijalankan. Untuk mendukung hal tersebut, akan dilakukan penebangan pohon di sejumlah titik dan perataan bangunan di lahan yang merupakan aset PT Pertamina.

Junior Supervisor Distribution Terminal Bahan Bakar Minyak Balikpapan MOR VI Kalimantan Wisnu Fajar Ryanto menjelaskan bahwa perluasan kilang tersebut didasari oleh permintaan Bahan Bakar Minyak yang semakin besar sehingga kapasitas produksi harus ditingkatkan. Peningkatan kapasitas kilang minyak Balikpapan akan dilaksanakan secara mandiri oleh PT Pertamina. Pengadaan lahan yang saat ini dilakukan adalah untuk perluasan area kilang saja, tidak untuk area terminal BBM. Proyek tersebut akan menggunakan atau mengoptimalkan aset PT Pertamina yang sudah ada.

Selain itu, Wisnu mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dengan isu lingkungan terkait pengadaan lahan perluasan kilang minyak dengan menebang beberapa pohon di koridor Jalan Yos Sudarso. “Kami sejak dulu sudah punya program penghijauan. Sampai dengan sekarang, program penghijauan kami masih tetap berjalan,” tutur Wisnu.

PT Pertamina sampai saat ini terus konsisten dalam melakukan penghijauan. Berbagai program penghijauan telah dilakukan oleh PT Pertamina, mulai dari penanaman ribuan bibit pohon di Kota Balikpapan hingga perbaikan drainase yang rusak. Penghijauan ini dilakukan atas dasar mendukung visi PT Pertamina yakni menjadi kilang kelas dunia yang kompetitif dan berwawasan lingkungan. Selain itu, kegiatan penghijauan ini juga dilakukan dalam rangka menjaga keseimbangan lingkungan dan turut menjaga keberadaan kawasan resapan air di Kota Balikpapan.

Dalam melakukan program penghijauan, PT Pertamina juga bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Pemerintah Kota Balikpapan. Dengan adanya proyek perluasan kilang ini, nantinya juga akan berpotensi bagi PT Pertamina untuk meningkatkan dan menambah program penghijauan dalam masa mendatang. “Tidak perlu khawatir, penghijauan akan tetap kami jalankan. Perihal perizinan dengan pemerintah sudah kami lengkapi. Untuk waktu ke depannya, jika memang harus ada penambahan program penghijauan, bisa jadi ditambah programnya,” jelas Wisnu.

 

Penulis:

Risa Andini - Institut Teknologi Kalimantan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
BPH Migas Buka Peluang Swasta Bangun Pipa Gas
Artikel Selanjutnya
Pasokan Gas PGN Bantu Gaet Investor