Sukses

Sadar Energi dengan Edutrip Pertamina Balikpapan

Liputan6.com, Balikpapan Menginjak pekan keenam, Kamis (28/9/2017), finalis Citizen Journalist Academy (CJA) Balikpapan melakukan Education Trip (Edutrip) Terminal Bahan Bakar Minyak ke (TBBM) dan Depot LPG Balikpapan. Mereka diajak mengenal lebih jauh tentang proses distribusi BBM dan melihat langsung pengisian gas elpiji.

Kegiatan bermula di Ruang Serbaguna PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan. Seluruh finalis diberi pemaparan mengenai kegiatan yang Pertamina lakukan di TBBM, termasuk mengenal program konvensi energi untuk mendorong penggunaan energi nonsubsidi. “TBBM ini adalah tempat bermula dari diterimanya bahan minyak mentah, kemudian diolah menjadi beberapa jenis. Ada 14 tangki penumbun, sebelum didistribusikan ke SPBU dan agen-agen khusus, dengan armada pengangkut di jalur darat dan sungai,” kata Wisnu Fajar Riyanto, Junior Supervisor Distribution PT Pertamina (Persero) MOR VI Kalimantan, Jalan Yos Sudarso, Balikpapan.

Pemaparan kedua, mengenai elpiji, disampaikan Ahmad Ubaidilah selaku Sales Executive Domestic Gas Rayon 1 Pertamina MOR VI Kalimantan. Dia mengimbau agar kaum muda aktif mengampanyekan penggunaan tabung gas sesuai sasaran, khususnya elpiji nonsubsidi. Usai pemaparan yakni pukul 11.30 WITA, seluruh finalis mengenakan atribut standar keselamatan berupa helm, sepatu safety, dan rompi bertuliskan visitor. Mereka siap mengikuti rangkaian edutrip.

Melihat proses penyaluran BBM dari tempat penyimpanan, melalui pipa dari masing-masing jenis bahan bakar hingga akhirnya dibawa oleh truk pengangkut BBM. Khusus Balikpapan, disalurkan melalui 32 armada yang melayani 24 SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) dan 14 APMS (Agen Premium Minyak Solar).

Lanjut ke Depot LPG, di sana para petugas mengangkat tabung 3 kilogram dengan cekatan ke dalam carousel. Suara tabung gas beradu dengan suara gas yang keluar. “Ada 30-40 ribu tabung yang diisi setiap hari, dengan bantuan 2 filling shed,” ujar Ferly Herdian, petugas yang memandu saat di Depot LPG. Filling shed tersebut yang siap sedia mengisi tabung dengan bantuan empat filling pump.

“Kegiatan ini kami anggap sangat penting. Sebab, anak-anak muda sekarang itu sangat kritis dan lebih suka mengeksplorasi sendiri. Sehingga mereka bisa melihat proses distribusi BBM dan energi lainnya,” terang Alicia Irzanova, Area Manager Communication and Relation Pertamina Kalimantan ditemui setelah Edutrip.

Pertamina, khususnya di Balikpapanm juga punya cara sendiri dalam mensosialisasikan energi kepada anak muda. Yakni mengadakan berbagai challenge yang dikemas dalam #tantanganberaniberalih di media sosial instagram @pertaminabpn. Program tersebut mendapat sambutan positif dari anak-anak muda.

 

Penulis:

Raden Roro Mira Budiasih - Universitas Mulawarman

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Pertama di RI, Pembangkit Listrik Tenaga Angin Operasi Akhir 2017
Artikel Selanjutnya
Nasib Energi Terbarukan, Tumpuan RI di Masa Depan