Sukses

Gagal Turun Berat Badan Kok Jadi Beban? Ini 6 Tips Menyiasatinya

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda, rata-rata orang ingin menurunkan berat badannya sebanyak empat kali dalam setahun. Sayangnya, menurut sebuah penelitian baru, hanya 1 dari 100 orang yang berhasil merealisasikan keinginannya itu. Jangan sampai gara-gara terkendala program turun berat badan, ujungnya malah menambah beban pikiran. 

Lalu, bagaimana agar usaha turun berat badan kita bisa sesuai sasaran? Berikut tipsnya, seperti dilansir dari Brightside, Rabu (8/11/2017).

1. Konsisten

Kalau Anda terbiasa mengonsumsi makanan cepat saji, tentu kaget ketika menghadapi kenyataan harus melakukan diet dengan hanya memakan buah dan sayuran. Hal ini jelas akan menjadi pergulatan batin Anda.

Mulai sekarang ubah itu dengan tidak menuntut terlalu banyak terhadap apa yang Anda mau. Buatlah perubahan secara progresif. Ya, mulai sekarang jauh-jauh deh dari junk food.

2. Terus dan tetap berada pada jalur perubahan progresif

Percaya atau tidak, sangat penting untuk memonitor kemajuan Anda dalam menurunkan berat badan. Ini akan memberi gambaran nyata berapa banyak berat badan Anda yang hilang.

Dalam banyak kasus, orang harus sabar menunggu sampai berbulan-bulan agar badannya berubah menjadi langsing. Agar Anda tidak kehilangan motivasi, sebaiknya Anda mencatat berapa pun perubahan yang terjadi.

3. Imbangi dengan latihan fisik

Rencana diet yang sehat tentu bagus dalam menurunkan berat badan. Akan tetapi, alangkah baiknya, jika Anda mengombinasikan nutrisi yang baik dengan diikuti beberapa latihan fisik seperti olahraga. Bahkan, aktivitas fisik yang berisiko rendah seperti jalan kaki sekalipun, akan sangat membantu. Syaratnya, harus dilakukan rutin setiap hari.

 

1 dari 2 halaman

4. Cari dukungan dari teman-teman dan keluarga

Hal yang tak kalah penting ketika Anda diet adalah mendapat dukungan moral dari orang-orang terdekat seperti teman dan keluarga. Mereka tahu ketika Anda mulai tergoda untuk merusak pola diet.

Mereka akan berusaha untuk mengingatkan ketika Anda diam-diam menyantap makanan berkalori tinggi. Begitu hebatnya dukungan mereka untuk menyempurnakan usaha diet sehat Anda.

5. Kenali jenis metabolisme tubuh

Segala daya upaya telah Anda tempuh, tapi hasilnya tetap membuat Anda tidak puas. Jangan menyerah dulu, tetaplah berjuang. Itu hal biasa dalam perjuangan. Pelajari dulu seputar metabolisme tubuh Anda.

Jika metabolisme tubuh Anda lambat, Anda harus bersabar dalam menghadapinya. Percayalah bahwa usaha dan kerja keras tak akan berbohong. Perubahan dalam jangka panjang pasti akan terjadi. Untuk mempercepat metabolisme tubuh, Anda harus membiasakan untuk rajin minum air putih, buah, dan sayuran.

6. Konsultasi dengan ahli gizi

Jika Anda ingin memulai diet, ada baiknya untuk menghubungi ahli gizi agar mendapat supervisi dan saran yang terarah. Abaikan buaian iklan yang bisa membantu Anda membakar lemak secara kilat.

Ingat, sayangi tubuh Anda. Jangan gara-gara ingin diet sehat, malah berujung sakit dan menyiksa diri sendiri. Efeknya akan berdampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental Anda. Sayang, bukan?

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Be Healthy: Hindari Efek Buruk dari Diet Yoyo
Artikel Selanjutnya
Cara Tetap Penuh Energi Meski Sedang Diet