Sukses

Ini Makna Pahlawan bagi Alumni Nutrifood Leadership Award

Liputan6.com, Jakarta - Pada ajang Nutrifood Leadership Award 2017 (NLA), tiga orang alumni turut membagikan pengalaman mereka kepada para finalis. Bagi Tidar Rachmadi, co-founder Sabang Merauke; Panji Azis Pratama, founder Isbanban Foundation; dan Fanbul Prabowo, co-founder Saung Mimpi, NLA bukanlah ajang pencarian kepemimpinan biasa.

Menurut mereka, NLA telah memberikan kesempatan bertemu dengan orang-orang hebat dan belajar langsung dari mereka. Dengan ilmu serta mentoring dari NLA, mereka jadi berani melangkah untuk mengembangkan organisasi yang mereka cetuskan.

Sebut saja Tidar yang mendirikan Sabang Merauke berdasarkan pengalamannya sebagai guru. Ia mengisahkan siswa-siswanya masih minim dalam penerapan toleransi. Karena itulah ia mendirikan Sabang Merauke yang menjadi program pertukaran pelajar antar daerah di Indonesia yang bertujuan untuk menanamkan semangat toleransi.

"Dengan program ini, siswa di daerah terpencil belajar toleransi dan merasakan fasilitas siswa di kota besar. Begitu pula sebaliknya," ucap dia saat ditemui di Jakarta, Rabu (08/11/2017).

Selain itu, dalam rangka menyambut Hari Pahlawan yang akan jatuh 10 November mendatang, ketiga orang itu juga berbagi arti pahlawan bagi mereka. Fanbul, misalnya, mengaku bahwa baginya pahlawan adalah masyarakat dan anak-anak yang ia didik di Saung Mimpi. Sebab, ia banyak belajar dari mereka dan menjadi dewasa berkat interaksi dengan anak-anak tersebut.

"Kita pasti memiliki pencapaian yang ingin dikejar oleh organisasi yang kita dirikan. Nah, justru aku banyak belajar dari mereka yang aku didik," ucap dia.

 

Pun begitu bagi Panji. NLA memberikan kesempatan baginya untuk bertemu dengan pahlawan-pahlawan lain yang kelak membantunya dalam membantu orang lain. Baginya, pengalaman menjadi pemenang NLA 2015 adalah salah satu pencapaian paling besar dalam hidupnya.

Hingga saat ini, alumnus NLA telah tersebar dan terjun dalam berbagai bidang, seperti bekerja di perusahaan dan NGO, baik nasional maupun multinasional, menjadi entrepreneur dan social entrepreneur, serta melanjutkan pendidikannya di dalam maupun luar negeri. Masing-masing dari mereka mengejar mimpi mereka dan berusaha menjadi pemimpin sejati dalam bidangnya.

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
(X)S.M.L Hadirkan Pilihan Trendi Wanita Modern Berprestasi
Artikel Selanjutnya
FLS 2017 Buat Pemuda Indonesia Jadi Kreatif