Sukses

Edutrip Perdana, Finalis CJA Serap Ilmu dari TBBM Pertamina

Liputan6.com, Balikpapan Antusiasme para finalis CJA saat mengikuti Edutrip pada Kamis, (28/09/2017) lalu ditandai dengan persiapan liputan yang memadai dari masing-masing bidang. Pasalnya, walaupun berkediaman di kota Balikpapan yang terkenal sebagai tempat pengolah minyaknya, untuk mengunjungi salah satu kilang Pertamina merupakan kesempatan langka bagi warga Balikpapan sendiri. Terkhusus untuk 23 finalis CJA.

"Dalam kegiatan Edutrip ini, kami beri kesempatan mereka untuk mengeksplor langsung. Harapannya informasi yang diperoleh itu benar. Nantinya, mereka lah yang akan meneruskan informasi itu kepada teman-temannya,” ujar Alicia Irzanova, yang menjabat Area Manager Communication and Relation Kalimantan.

Di manapun Pertamina berada, kehadirannya harus dirasakan masyarakat sekitarnya. Itulah yang menjadi acuan semangat PT. Pertamina mengabdi untuk masyarakat. Tak hanya berperan sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perminyakan terbesar se-Indonesia, Pertamina selalu hadir dengan produk-produk yang merakyat hingga kini.

Para finalis CJA diizinkan mengujungi Depot Liquified Petroleum Gas (LPG) dan Terminal BBM Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan. Dipandu oleh Wisnu Fajar Riyanto selaku Junior Supervisor Distribution yang menjelaskan bahwa tugas bidang Terminal BBM bermula dari diterimanya bahan minyak mentah untuk kemudian diolah, ditimbun di 14 tangki, dan distribusikan sebagai bahan bakar minyak ke konsumen. Seluruh prosesnya dilakukan di tempat seluas 4,59 hektare itu.

Pendistribusian BBM mencakup beberapa daerah di antaranya Balikpapan, Penajam Paser Utara, Samarinda, Kutai Kartanegara, dan sekitarnya. Terkhusus wilayah Balikpapan, pendistribusian dikirim melalui 32 armada mobil tangki yang melayani pendistribusian ke 24 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan 14 Agen Premium Minyak dan Solar (APMS).

Hingga saat ini, Pertamina telah melahirkan berbagai jenis produk, mulai dari Pertamax, Pertalite, Pertadex, Korosone, Premium, Solar, dan Dexlite yang siap konsumsi. Yang akan terus mengedepankan kebutuhan bagi masyarakat.

Kesan disampaikan pula oleh salah satu finalis CJA bidang videography, Sandy Septian, "bertahun-tahun sudah tinggal di Balikpapan tapi ini pertama kalinya aku bisa masuk ke kilang minyak Pertamina. Senang banget, bisa tahu dan belajar banyak tentang prosedur dan proses mengolah minyak."

 

Penulis:

Wiki Kridayanti - Universitas Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Kemenperin Buka Lowongan CPNS, Ini Formasinya
Artikel Selanjutnya
Anugerah BUMN Awards 2017 Tingkatkan Nilai BUMN Bagi Negeri