Sukses

Finalis CJA Mengenal Lebih Dalam Pertamina Lewat Edutrip

Liputan6.com, Balikpapan Finalis Citizen Journalis Academy (CJA) Balikpapan mengadakan Edutrip ke Kilang MOR VI Pertamina Balikpapan, Kamis (28/9), di Jalan Yos Sudarso, Balikpapan. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WITA itu dihadiri oleh 28 Finalis CJA. Seluruh peserta yang hadir diajak menuju Gedung Serbaguna yang berada di dalam kawasan kilang, dan disambut hangat oleh penyelenggara dari Pertamina.

Sebelum para finalis diajak berkeliling kilang, mereka terlebih dahulu diberikan pembekalan tentang keselamatan saat berada di kawasan kilang. Tidak hanya sampai disitu, mereka juga mendapat tambahan pengetahuan mengenai Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) dan Depot Gas Liquified Petroleum Gas (LPG). Mereka diberikan pengetahuan baru terkait bagaimana alur produksi dan pendistribusian BBM dan LPG ke setiap SPBU, maupun industri, dan agen-agen LPG.

Para finalis juga diajak untuk turut serta dan mampu memberikan pemahaman terkait #tantanganberaniberalih, yang dijelaskan oleh Tri Yuda Nurmansyah. Ada dua tantangan berani beralih yaitu dari Premium ke Pertamax dan dari LPG 3 kilo ke Bright Gas. Kedua tantangan ini banyak menarik minat finalis, karena pengemasannya yang begitu ringan dan anak muda banget. Keseruan pun tidah berhenti disitu, diakhir pembekalan para finalis diajak bernain game kahoo.it yang pada akhirnya dimenangkan oleh Ratna, Nia dan Yanti.

Tempat pertama yang dituju para finalis saat Edutrip adalah Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM). Di sana peserta dikenalkan dengan mesin yang akan memompakan BBM dari tangki timbun ke dalam mobil tangki minyak. Kemudian Wisnu selaku Junior Supervision Distribution, yang juga sebagai pemandu Edutrip menjelaskan, “desain mobil tangki BBM Pertamina memang sudah didesain khusus agar aman”.

Setelah puas melihat dan bertanya seputar TBBM, para finalis pun kembali diajak berjalan menuju Depot Gas LPG, disana para finalis diajak melihat proses pengisian tabung LPG. Penanggung jawab kegiatan Edutrip Didik menjelaskan, "kita mengharapkan bagi teman-teman yang awalnya cuma tau Pertamina itu sebatas di SPBU aja, sekarang bisa lebih terbuka lagi wawasannya.”

Edutrip Pertamina ini pun dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para finalis CJA, salah satunya Adisty, “senang bisa masuk dan mengetahui bagaimana sebenarnya proses pendistribusian BBM maupun LPG, dan kita lebih aware dan tidak lagi sedikit-sedikit menyalahkan Pertamina kalau ada sesuatu yang orang awam tidak tau.”

 

Penulis:

Sri Nurliyanti – Universitas Mulawarman

Finalis Citizen Journalist Academy – Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Tulus Semakin Tertantang Jadi Juri Pencarian Bakat
Artikel Selanjutnya
Jadi Maba, Begini Keseruan Komika Muda Musdalifah Basri