Sukses

Kiprah Singkat Terminal BBM Pertamina RU V Balikpapan

Liputan6.com, Balikpapan Terminal BBM (TBBM) Balikpapan berada di kawasan kilang PT. Pertamina (Persero) RU V Balikpapan tepatnya Jalan Yos Sudarso No. 148 Balikpapan, Kalimantan Timur. TBBM yang berdiri sejak tahun 1949 pasca perang dunia II ini memiliki luas areal sekitar 4,59 Hektar.

Beberapa produk bahan bakar minyak yang dialiri melalui TBBM ini antara lain Pertamax, Pertalite, Pertadex, Avtur, Kerosene, Premium, Solar dan Dexlite. Produk tersebut akan didistribusikan keberbagai kota/kabupaten di Kalimantan Timur yakni Balikpapan, Paser Utara, Samarinda, Kutai Kartanegara dan sekitarnya.

Fasilitas yang ada di Terminal BBM Balikpapan yakni 13 tangki penimbunan yang terdiri dari Premium, Kerosene, Pertamax, Pertadex masing-masing 1 tangki, Avture 3 tangki, Solar 4 tangki dan Pertalite 2 tangki. Kemudian 13 pompa produk dan terakhir memiliki filling shed dengan total 18 filling point.

Peran TBBM Balikpapan sangat penting dan strategis dalam sistem pendistribusian nasional dan sistem pertahanan dan keamanan NKRI. Selain mendistribusikan BBM/BBK ke lembaga penyalur melalui mobil tangki seperti SPBU, APMS, SPBN dan SPDN, TBBM Balikpapan juga mendistribusikan ke TNI, POLRI, Airliner Pesawat Udara melalui DPPU Sepinggan, Rumah Sakit dan pelanggan industri lainnya (Batubara, Kelapa Sawit, dll).

TBBM Balikpapan juga mendukung konservasi fauna khas Kalimantan Timur. Terlihat di depan pintu masuk kawasan TBBM beberapa ekor Rusa Sambar siap menyambut kedatangan para pekerja.

PT. Pertamina (Persero) RU V Balikpapan juga telah mengimplementasikan sistem manajemen terpadu seperti ISO 9001, 14001, OHSAS 18001 dan masih banyak sertifikasi lainnya. Hal itu dilakukan oleh PT. Pertamina (Persero) guna mengeliminasi dan meminimalisir resiko. Sehingga menciptakan kenyamanan dan keamanan dalam aspek Quality Health, Safety, Security and Enviromental (QHSSE).

Bahkan, berbagai penghargaan juga telah diraih oleh PT. Pertamina (Persero) RU V di kawasan TBBM Balikpapan ini. Program Go Green With Pertamax dan Green Care School merupakan salah satu penghargaan dari Kepala BLH Kota Balikpapan Tahun 2016 dan masih banyak penghargaan lainnya.

 

Penulis:

Rizal Abdillah – Universitas Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Stok Elpiji Saat Idul Adha Cukup untuk 14 Hari
Artikel Selanjutnya
Konsumsi Bensin Naik Saat Libur Idul Adha