Sukses

Catatan Azwar Anas untuk Jurnalis Muda

Liputan6.com, Semarang Setelah babak eliminasi pada Senin, (23/10/17) lalu dimana berbuah 4 orang finalis CJA harus dinyatakan gugur dan tidak dapat melanjutkan ke babak selanjutnya, pada Minggu, (29/10/17) sebanyak 26 finalis mengikuti Final Coaching Class yang bertempat di Aula Balai Kota Semarang.

Kelas yang diisi oleh Azwar Anas, Ryan Wiedaryanto, dan Edhie Prayitno Ige ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu Online Journalism yang diisi oleh Azwar Anas selaku editor regional liputan6.com, dan kelas broadcasting dengan Ryan Wiedaryanto.

Dalam kelas yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini, Azwar menekankan bahwa jurnalis muda sekarang harus lebih peka terhadap sekitar. Artikel yang ditulis haruslah dikemas sedemikian rupa dan tentunya informatif.

“Sebisa mungkin tulisan itu dianggap sebagai anak. Harus memiliki nyawa dan juga harapannya dapat bermanfaat bagi pembaca,” jelas lelaki asal Rembang, Jawa Tengah ini.

Sebagai jurnalis, Azwar berharap finalis CJA memiliki karakteristik tersendiri dalam menulis. Karakter itulah yang akan membedakan tulisan yang satu dan lainnya. Juga, hal itu akan membangkitkan nyawa karya tulis tersebut.

Selain itu, sebagai editor, Azwar juga mengutarakan bagaimana sulitnya mengatur mood saat menyunting berita. Dari sekian ratus email berita yang masuk, ia harus mengelompokkan berita tersebut berdasarkan topiknya terlebih dahulu.

“Misalnya saya sedang mengedit berita kriminal, setelah itu saya dihadapkan dengan berita perstasi mahasiswa. Saya tetap nggak akan bisa menyunting artikel prestasi ini dengan baik” Azwar bercerita.

Biasanya untuk mengatur mood-nya kembali, Azwar akan mengambil waktu rehat sejenak. Ia akan ‘relaksasi’ sebentar, baik itu dengan sholat atau pun minum kopi. Setelah itu, ia akan siap kembali untuk menyunting tulisan yang berbeda.

 

Penulis:

Niken Nining Aninsi N.S - Universitas Negeri Semarang

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Semarang

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Nama Ibas Disebut Angie dalam Sidang, Ini Respons Demokrat
Artikel Selanjutnya
Penjelasan Direktur Penyidikan soal Isu Geng di KPK