Sukses

Tangki-tangki Timbun di Terminal Bahan Bakar Minyak PT Pertamina

Liputan6.com, Jakarta Premium, Pertamax dan Bahan Bakar Minyak lainnya sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Berbagai produk Bahan Bakar Minyak dari PT Pertamina tersebut sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak semua masyarakat indonesia mengetahui perjalanan BBM tersebut, sebelum didisribusikan oleh PT Pertamina.

Dengan luas wilayah 48 hektare, Depot Terminal Bahan Bakar Minyak terletak di Plumpang, Jakarta Utara. Tempat yang menjadi salah satu penimbunan sementara BBM sebelum didistribusikan oleh PT Pertamina itu, sebelumnya, BBM tersebut disuplai dari Rifenery Balongan, Kalimantan, melalui kapal-kapal Impor.

Penimbunan BBM tersebut disimpan dalam tangki raksasa yang berjumlah 24 buah. Ada tiga jenis kategori tangki, yang berdasarkkan jumlah isi pada tangki-tangki tersebut. Tangki satu (T1) bermuatan 20.000 metrik ton, Tangki dua (T2) bermuatan 10.000 metrik ton, dan Tangki Tiga (T3) bermuatan 5000 metrik ton.

Tidak hanya itu, tangki-tangki tersebut ditandai lingkaran berwarna pada setiap badan tangki. Lingkaran tersebut gunanya untuk membedakan jenis-jenis bahan bakar, seperti lingkaran Hijau untuk Fame, Biru untuk Pertamax, Abu-abu untuk solar, Merah untuk Turbo, Kuning untuk Premium, dan bebarapa produk lainnya yang belum diberikan warna.

Di terminal BBM Jakarta Group-Plumpang tersebut, selain mempunyai 24 tangki timbun, terdapat satu filling shed. Di dalamnya terdapat 12 filling point untuk menyalurkan BBM ke setiap mobil tangki. Terdapat 249 mobil tangki untuk mendistribusikan BBM ke SPBU danagen industri wilayah Jabodetabek, Banten dan Sukabumi. Dalam sehari Terminal BBM itu mampu mendistribusikan rata-rata 16juta liter BBM.

Adapun pengunjung tempat itu, tidak diperkenankan untuk memasuki kawasan tangki-tangki tersebut secara dekat. Demi keamanan, para pengunjung hanya bisa mengitari dan melihat tangki-tangki itu, di dalam armada bus yang telah di sediakan oleh PT Pertamina Terminal BBM Jakarta Group. Selain itu, para pengunjung pun dilarang membawa ponsel serta kamera ke wilayah tangki-tangki tersebut.

 

Penulis:

Usman Islamy - Universitas Muhammadiyah Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Konsumsi Bensin Naik Saat Libur Idul Adha
Artikel Selanjutnya
Pertamina Produksi BBM Euro 4, ke Mana Dijualnya?