Sukses

4 Hal Ini Wajib Kamu Kenakan Saat Kunjungi TBBM Pertamina

Liputan6.com, Jakarta Setiap perusahaan pasti memiliki standar keamanan yang wajib digunakan bagi semua karyawannya. Begitu juga dengan Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina, yang berlokasi di kawasan Plumpang, Jakarta Utara. Berikut hal yang wajib dikenakan saat berkunjung ke TBBM Pertamina:

1. Rompi Safety

Tidak hanya kontraktor, kamu juga wajib mengenakan rompi ini saat berkunjung ke TBBM Pertamina. Ini bertujuan untuk mengurangi paparan radiasi yang kemungkinan terjadi di lokasi. Selain itu, dengan warna yang terang dan dilengkapi pita reflektif berwarna abu-abu, memungkinkan orang yang menggunaknnya terlihat mencolok dan mengurangi risiko tertabrak kendaraan proyek.

2. Helm Safety

Seperti fungsi helm pada umumnya, helm safety berfungsi sebagai pelindung kepala dari material yang mungkin jatuh tanpa diduga. Namun yang harus kita ketahui, ternyata setiap warna helm safety mecerminkan posisi atau jabatan pemakainya. Seperti warna putih, biasanya digunakan oleh manajer, insinyur, atau mandor. Warna hijau dipakai oleh pengawas lingkungan, warna merah digunakan oleh safety officer, dan warna biru digunakan oleh site supervisor.

3. Sepatu Safety

Tidak hanya menjaga telapak kaki, sepatu safety juga mampu mengurangi risiko kecelakaan kerja fatal, seperti kejatuhan benda berat, melindungi dari benda panas, serta cairan kimia berbahaya. Dengan bahan yang tebal dan bagian bawah dilapisi bahan karet tebal, membuat pengguna tidak terpeleset dan lebih leluasa bergerak.

4. Kacamata Safety

Terakhir adalah kacamata safety. bukan untuk menopang gaya, kacamata ini digunakan untuk melindungi mata dari radiasi, debu dan percikan bahan kimia cair. Tentunya bahan yang digunakan untuk membuat kacamata ini tidak sembarangan. Bahan baku kacamata terdiri atas pasir silica, sodium oksida, stainless steel, serta frame metal yang menjaga keamanan mata saat berkunjung ke TBBM Pertamina ini.

Semua alat keselamatan tersebut akan dipinjamkan secara gratis oleh pihak TBBM Pertamina saat anda berkunjung. Jadi jangan khawatir harus bermodal besar saat melaksanakan kunjungan.

 

Penulis:

Latif Munawar - Universitas Moestopo Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Cara Hemat Liburan ke Luar Negeri Bersama Keluarga
Artikel Selanjutnya
Libur Panjang Tapi Tetap Harus Kerja? Ini 4 Triknya