Sukses

Asrama Binus University Bantu Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa

Liputan6.com, Jakarta Binus University, salah satu kampus di Jakarta yang cukup diminati banyak Orang. Seperti  kampus lainnya, mahasiswa yang datang dan kuliah berasal dari berbagai daerah. Binus University menyediakan tempat tinggal khusus untuk mahasiswanya, sebagai kebutuhan tempat tinggal yang nyaman dan lingkungan yang baik,  Binus Square Hall of Residence sebagai asrama khusus para Binusian.

Binus Square tidak hanya mengedepankan kenyamanan Boarder, sebutan untuk mahasiswa yang tinggal di Binus Square. Boarder juga mendapatkan fasilitas penunjang pendidikan. Bagi mahasiswa yang mendapatkan IPK dibawah 3 akan diberikan mentoring gratis. Disediakan pula kelas bahasa Korea, Prancis, Jepang, dan lainnya untuk membantu Boarder dalam menguasai bahasa asing yang mereka minati.

Supaya aktivitas boarder tidak membosankan, di Binus Square juga terdapat organisasi kemahasiswaan. Seperti organisasi BSSC (BINUS Square Student Committee) yang sedang menyelenggarakan Expo pada tanggal 30-31 Agustus 2017 lalu di Lobby Binus Square. BSSC Expo mulai diselenggarakan dari tahun 2010 dan terus diadakan setiap tahunnya. Merekrut mahasiswa baru yang menjadi Boarder untuk bergabung di organisasi BSSC.

“Tujuannya kita sendiri untuk meningkatkan soft skill hardskill dari yang tinggal di sini dengan melakukan beberapa event. Nah, BSSC sendiri ada sembilan divisi. Jadi, tiap divisi punya kerjaan sendiri.Tujuannya untuk meningkatkan lagi skill mereka,” jelas Verry Novanto, Vice Chairman Legal and Human Resources BSSC.

Dari sembilan divisi pilihan, salah satunya ada divisi Branding. Tujuannya, menjadi media luar dengan cara membuat poster yang berstandar baik. Membuat kartu ucapan seperti pada acara 17 Agustus, mereka merayakannya dengan desain. Mereka juga membuat kaus polo dan jaket sebagai identitas untuk mengenalkan BSSC.

Untuk para Boarder yang ingin bergabung, harus registrasi dengan memilih tiga prioritas divisi yang paling diminati dari sembilan divisi

 

Tidak hanya meningkatkan skill saja, BSSC juga bergerak di bidang sosial. Mereka ikut bergabung kampanye Earth Hour pada 2016 lalu, sosialisasi penjualan merchandise tanam pohon, dan mengadakan turnamen. BSSC ikut memberikan kontribusinya kepada kampus, dengan membuat acara terbuka hingga melibatkan masyarakat. Pada 2016, BSSC mengadakan festival dengan tema Jepang, disertai lomba cosplay, lomba poster, hingga lomba makan Takoyaki.

Untuk para Boarder yang ingin bergabung, harus registrasi dengan memilih tiga prioritas divisi yang paling diminati dari sembilan divisi. Diikuti dengan tahap wawancara, kaderisasi, dan seleksi.

“Berharap mereka bisa berkembang dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. Jadi, mereka bisa lebih hebat daripada pendahulunya.  Mereka tak hanya buat acara untuk yang tinggal di sini. Jadi skalanya, harapannya event-nya sudah nasional,” ucap Verry Novanto.

 

Penulis:

Irishta Tamzil - Binus University

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

 

Artikel Selanjutnya
Ayo Periksa Gigi Gratis di 22 Universitas Ini
Artikel Selanjutnya
UI Bantu Para Pencari Kerja Lewat Career Expo 2017