Sukses

Kreatif, Hasil Karya Mahasiswa Hiasi Gedung Kampus PNJ

Liputan6.com, Jakarta Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) memiliki jurusan yang terbilang jarang di Indonesia. Jurusan tersebut bernama Teknik Grafika dan Penerbitan atau biasa disingkat TGP. Di dalamnya terdapat  empat program studi, yaitu Teknik Grafika, Teknik Industri Cetak Kemasan, Desain Grafis, dan Penerbitan.

Mahasiswa dan dosen di keempat jurusan ini juga dikenal kreatif. Hal tersebut tidak lain karena  tuntutan tugas dan kerja mereka sehari-hari untuk membuat karya. Karya yang dihasilkan pun beraneka ragam, bisa berupa lukisan, kemasan, fotografi, dan sebagainya. Nantinya, karya mereka akan di pajang secara bergantian di sepanjang dinding kampus . Selain karya mahasiswa, adapula karya Dosen yang cukup menarik perhatian. Yaitu sebuah tangga disalah satu gedung kampus.Tangga tersebut dilapisi kertas menyerupai sampul buku, sehingga terlihat seperti buku yang sedang ditumpuk.

Tangga tersebut dilapisi kertas menyerupai sampul buku, sehingga terlihat seperti buku yang sedang ditumpuk.

 

Selain tuntutan tugas, mahasiswa yang sering tidak hadir kuliah dikenakan hukuman mewarnai gedung TGP dengan cat. Hal ini rutin dilakukan menjelang liburan semester, sehingga pada semester berikutnya, para mahasiswa merasakan suasana baru. Bahkan, setiap mahasiswa  diperbolehkan membuat lukisan mural di sepanjang dinding. Tentu saja hal tersebut membuat mahasiswa lebih mengeksplorasi bakatnya.

”Gedung TGP sangat sejuk dan bernilai estetika,” ujar Irfan, mahasiswa Teknik Mesin.

Baginya, nuansa yang dihadirkan dalam gedung ini sangat beda dan patut dikagumi. Tak heran jika mahasiswa sering berfoto dengan latar belakang karya yang dipamerkan.

 

 

Penulis:

Ade Rachma Unzilla - Politeknik Negeri Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.