Sukses

Ini Poin Penting kalau Kamu Mau Jadi Pahlawan Kekinian

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal positif yang bisa kamu lakukan untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni menjadi pahlawan kekinian.

Para generasi muda, kaum milenial, serta kids zaman now juga bisa memperingati hari bersejarah ini dengan memahami nilai-nilai perjuangan yang dialami oleh para pahlawan. 

"Inti kepahlawanan merupakan perjuangan dilandasi ikhlas, rela, ada pengorbanan yang diberikan dan berani. Tapi sekarang adakah orang-orang yang berani melalukan sesuatu dengan segala risikonya?" ucap Agus Tansil, Ketua Umum Hari Pahlawan 2017 pada acara Forum Merdeka Barat 9, Kamis (9/11/2017).

Menurut Agus, ikhlas dan rela berkorban merupakan poin penting untuk menjadi seorang pahlawan. Jika orang-orang melakukan sesuatu karena kelebihannya, hal tersebut tidak bisa dikatakan dengan sifat dari pahlawan karena tidak ada pengorbanan yang dilakukan. Keberanian juga menjadi faktor penting yang meliputi dari sifat kepahlawanan.

"Jadi, kita tidak harus selalu terpaku dengan perjuangan seperti di zaman kemerdekaan, setiap zaman pasti punya tantangannya sendiri," jelas Agus.

Tantangan kita sekarang ini ialah menerapkan dan mengisi kemerdekaan yang telah didapatkan dengan memperkokoh persatuan dan kesatuan kita. Akan lebih baik jika keteladanan para pejuang bangsa bisa diikuti oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu usaha yang bisa dilakukan oleh generasi muda atau kids zaman now, yakni dengan keluar dari zona nyaman, ikhlas berkorban, serta berani untuk beraksi demi kemajuan negeri kita.

 

1 dari 2 halaman

Meneladani rekam jejak para pahlawan

Kita juga bisa menjadi pahlawan kekinian, dengan meneladani rekam jejak pahlawan sebagai bentuk inspirasi dan motivasi. Hal kecil yang bisa kita lakukan yakni peduli akan lingkungan sekitar kita. Pahlawan masa kini lebih condong pada kiprah di lingungkan sosial untuk menggerakkan masyarakat sekitar dan membantu orang-orang yang mengalami kesulitan.

Usaha para pejuang bangsa untuk mendapat kemerdekaan sudah tercapai. Kali ini, saatnya generasi muda untuk bangkit dan menerapkan nilai-nilai pahlawan dalam kehidupan keseharian kita.

Nah, bagaimana menurutmu? Apa kamu tertarik menjadi pahlawan masa kini?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Ditinggal Nikah Mantan, Haruskah Langsung Cari Pengganti?
Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Harus Kamu Hindari Biar Nongkrong Jadi Lebih Asyik