Sukses

Seuntai Pesan Peduli Lingkungan dari Mahasiswa FISIP UMJ

Liputan6.com, Jakarta Begitu banyak hal unik yang dapat diangkat dari sebuah kampus yang terletak di selatan Jakarta ini, salah satunya poster bergambar yang mengangkat sebuah ajakan peduli akan lingkungan. Poster yang digambar di atas papan triplek ini merupakan hasil karya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), pada tanggal 22 april 2017, yang bertepatan dengan peringatan hari bumi.

Karena keunikannya, poster yang terletak tepat di depan kantin FISIP UMJ tersebut menjadi salah satu spot para mahasiswa untuk berfoto. Dengan gaya bahasa dan gambar khas anak muda, serta penempatan yang strategis, poster tersebut mampu mengundang perhatian dari para mahasiswa yang melewatinya, terutama saat jam makan siang atau istirahat.

Dari poster tersebut, kita diajak menjalankan kewajiban sebagai penduduk bumi, agar senantiasa menjaga bumi dengan berkebun walau sibuk dengan pembangunan, agar tercipta sebuah lingkungan yang baik.

“Alasan kami membuat poster tersebut adalah untuk mengajak dan mengingatkan para mahasiswa atau masyarakat di lingkungan kampus ini, supaya tidak lupa menjaga bumi ini dengan cara penghijauan atau berkebun disamping pembangunan seperti gedung atau pabrik. Karena kalau tidak kita, siapa lagi?” ungkap Arsan Maulana, salah satu pengurus BEM FISIP UMJ.

Tak sedikit pula mahasiswa di lingkungan FISIP UMJ yang ikut berkomentar akan kehadiran poster tersebut, “poster ini menjadi pengingat kita, karena saat ini bangunan menjadi hal yang utama dalam aspek sosial yang dijadikan komersil. Banyak pihak yang lebih memikirkan kepentingan pribadinya, tanpa memberikan solusi, dan lama kelamaan dengan semakin banyaknya gedung pencakar langit, lapisan bumi akan semakin menipis. Untuk itu mari kita melakukan penghijauan kembali, karena kita semua tahu bahwa pohon itu sebagai jantungnya bumi,” ujar Dita Oktaviani, mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi UMJ.

 

Penulis:

Usman Islamy M - Universitas Muhammadiyah Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Menteri Yohana Imbau Mahasiswa Tidak Lakukan Bullying
Artikel Selanjutnya
Bentuk Karakter Mahasiswa dengan Persatuan dan Kekuatan Bersama