Sukses

Kutipan Keren Para Pahlawan Nasional, Siapa Favoritmu?

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Pahlawan setiap 10 November menjadi saat yang tepat untuk mengenang dan menghormati jasa para pejuang bangsa. Salah satu yang bisa dilakukan, yakni mengetahui pemikiran dan semangat perjuangan mereka.

Selain untuk menghormati para pahlawan, membaca kutipan-kutipan mereka juga bisa memberi semangat pada generasi muda. Itu juga menjadi salah satu cara generasi muda untuk memaknai perjuangan para pahlawan.

Berikut 17 kutipan bersejarah para pahlawan nasional yang perlu kamu tahu:

1. Ir Sukarno

Selain sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia, Sukarno juga dikenal sebagai orator yang andal. Pidato-pidatonya kerap membangkitkan semangat perjuangan merebut kemerdekaan.

2. Mohammad Hatta

Bersama Sukarno, Hatta juga menjadi proklamator kemerdekaan Indonesia. Pahlawan bergelar Bapak Koperasi ini juga dikenal sebagai pribadi yang sederhana.

1 dari 5 halaman

3. KH Hasyim Asy'ari

Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia ini dikenal sebagai tokoh pendidikan dan pembaharu pesantren. Dia juga pendiri pesantren Tebuireng, Jawa Timur.

Selain mengajarkan agama dalam pesantren, ia juga aktif membaca buku-buku pengetahuan umum, berorganisasi, dan berpidato

4. Ahmad Dahlan

Mempunyai nama kecil Muhammad Darwisy, dia merupakan pahlawan nasional yang juga pendiri Muhammadiyah. Selain itu, Ahmad Dahlan juga dikenal sebagai seorang wirausahawan yang cukup berhasil dengan berdagang batik.

5. Muhammad Yamin

Muhammad Yamin lahir pada 24 Agustus 1903 di Sawahlunto, Sumatera Barat. Dia merupakan pahlawan nasional, budayawan, dan aktivis hukum.

 

2 dari 5 halaman

6. RA Kartini

Raden Adjeng Kartini atau lebih sering dikenal dengan nama RA Kartini merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia. Dia dikenal sebagai pelopor emansipasi wanita.

7. Mohammad Natsir

Mohammad Natsir lahir di Alahan Panjang, Lembah Gumanti, Solok, Sumatera Barat, 17 Juli 1908. Tokoh yang menyandang gelar Minangkabau, Datuk Sinaro Panjang ini adalah perdana menteri kelima Republik Indonesia. Dia merupakan pendiri Partai Masyumi dan seorang tokoh Islam terkemuka di Indonesia.

9. Agus Salim

Pahlawan nasional ini pernah menjadi anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Setelah Indonesia merdeka, dia diangkat menjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung.

Kepiawaiannya berdiplomasi membuat Agus Salim dipercaya sebagai Menteri Muda Luar Negeri dalam Kabinet Syahrir I dan II, serta menjadi Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Hatta.

10. Tjokroaminoto

Mempunyai nama panjang Raden Hajdi Oemar Said Tjokroaminoto, dia merupakan ketua dari Sarekat Islam (SI) di Surabaya.

Dia juga dianggap guru yang patut diteladani. Ajaran dan didikannya melahirkan beberapa tokoh, seperti Kartosuwiryo, Muso Alimin, dan Sukarno.

 

3 dari 5 halaman

11. Sam Ratulangi

Dr Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi adalah politikus dan pahlawan nasional Indonesia. Sam Ratulangi juga sering disebut-sebut sebagai tokoh multidimensional.

12. Silas Papare

Lahir di Serui, Papua, 18 Desember 1918, Silas menyelesaikan pendidikan di Sekolah Juru Rawat dan bekerja sebagai pegawai pemerintah Belanda. Kegigihannya dalam berjuang untuk kemerdekaan Papua membuatnya sering berurusan dengan aparat keamanan Belanda.

13. Pattimura

Dia merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Maluku. Akrab disapa Kapiten Pattimura, dia dikenal sangat gigih melawan penjajah Belanda.

 

4 dari 5 halaman

14. I Gusti Ngurah Rai

Pahlawan nasional dari daerah Bali ini terkenal dengan gagasan perangnya, yakni Puputan Margarana yang berarti perang secara habis-habisan di daerah Margarana, Kabupaten Tabanan, Bali. Ngurah Rai merupakan anak camat yang bernama I Gusti Ngurah Palung.

Hal ini pula yang menjadikan dia berkesempatan untuk bersekolah formal di Holands Inlandse School (HIS). Namanya diabadikan sebagai nama bandar udara internasional di Bali.

15. Jenderal Soedirman

Dikenal sebagai salah satu pahlawan Indonesia, jasa-jasanya sangat dikenang dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Jenderal Besar Soedirman merupakan salah satu orang yang memperoleh pangkat bintang lima selain Soeharto dan AH Nasution.

16. Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara adalah aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politikus, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda.

17. Jenderal Gatot Subroto

Gatot Subroto dikenal sebagai tentara yang solider terhadap rakyat kecil. Dia merupakan contoh seorang pemimpin yang layak diapresiasi berkat jasa-jasanya.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Gatot Subroto turut kemudian membentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang merupakan cikal bakal nama TNI. TKR dipimpin oleh Sudirman, sementara Gatot Subroto menjabat sebagai Kepala Siasat

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Kuis Lagu "Bukti" Virgoun : Ayo Susun Lirik Lagu untuk Sang Idola
Artikel Selanjutnya
Bikin Ngakak, Warganet Jadi Korban Perasaan di Meme Kurbanin Aja