Sukses

Pecahkan Masalah Transportasi, CENS UI Tunggu Ide Mahasiswa

Liputan6.com, Jakarta - Masalah transportasi Indonesia, khususnya DKI Jakarta sangat sulit dipecahkan. Sebut saja, kemacetan yang sudah jadi bagian dari warga Jakarta.

Kemacetan itu terjadi karena perkembangan infrastruktur transportasi tidak adaftif dengan perkembangan zaman. Alhasil, pola-pola pengembangan kota masih memanjakan pengguna transportasi pribadi ketimbang transportasi umum.

Hal tersebut diperparah dengan kondisi jalur pedestrian yang tidak layak. Di Jakarta, jalur pejalan kaki yang tersedia hanya 7% dari 7.250 km jalan yang membentang di Ibukota ini.

Oleh karena itu, Jurusan Teknik Sipil Universitas Indonesia akan mengadakan Civil Engineering National Summit Universitas Indonesia (CENS UI). Sebuah rangkaian acara tahunan yang sudah memasuki pengadaan yang ke-15.

Penyelenggaraan kali ini akan mengangkat tema "Resilient City: Developing Urban Transportation System. Tema tersebut diangkat karena kekhawatiran akan perkembangan infrastruktur transportasi perkotaan.

Acara ini diharapkan bisa mengajak mahasiswa untuk menyumbangkan ide dalam pemecahan masalah nfrastruktur transportasi yang ada.

Tahun ini, rangkaian acara CENS UI dibuka dengan International Academic Conference, Senin 13 November 2017. Konferensi ini akan mempertemukan mahasiswa-mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia. 

Mereka akan memaparkan ide dan inovasi yang dalam bentuk karya tulis dan akan dibukukan dalam procidingCSID (Center for Sustainable Infrastructure Development). Harapannya, hasil pemikiran dan penelitian yang sudah mereka lakukan dapat dijadikan referensi agar kota-kota di Indonesia dapat menjadi lebih berketahanan.

 

1 dari 2 halaman

Sandiaga Uno Jadi Keynote Speaker

Pada Selasa, 14 November 2017, CENS Universitas Indonesia untuk pertama kalinya bekerja sama dengan Project Management Institute Indonesia Chapter mengadakan, Risk Management Workshop. Workshop ini akan membicarakan tentang cara menganalisa risiko yang mungkin terjadi pada suatu proyek. Workshop akan dibawakan langsung oleh President PMI Indonesia Chapter.

Di hari yang sama, delegasi mahasiswa dari seluruh Indonesia yang diundang akan mengunjungi pabrik Precast LRT PT. Adhi Karya dalam kegiatan bertajuk Company Visit.

Sementara itu, pada acara puncak yang bertajuk National Summit, akan mempertemukan berbagai tokoh penting yang dapat menjadi kunci pembangunan infrastruktur transportasi di DKI Jakarta. Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno selaku keynote speaker akan membuka acara.

Lalu diteruskan oleh berbagai pembicara yang relevan didalam 2 sesi conference. Kegiatan ini juga akan menghadiri berbagai lembaga dan organisasi yang terlibat dalam ruang lingkup transportasi perkotaan seperti The Institute for Transportation Development Policy (ITDP), Koalisi Pejalan Kaki, dan lainsebagainya.

*Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Jokowi Sindir Lulusan IPB Lebih Banyak Kerja di Bank
Artikel Selanjutnya
BI dan Kemenhub Sepakati Pembayaran Transportasi Nontunai