Sukses

Begini Cara Dokter Kreatif Keluarkan Magnet yang Tertelan Remaja

Seorang dokter memiliki cara kreatif dalam mengeluarkan magnet yang tertelan oleh seorang remaja. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta Seorang dokter berhasil mengeluarkan magnet yang sangat kecil yang tak sengaja ditelan oleh bocah berusia 13 tahun. Dokter itu menggunakan magnet yang sangat kuat untuk memindahkan magnet yang dua kali lebih kecil dari perut si bocah.

Anak laki-laki yang hanya diketahui identitasnya sebagai Qiangqiang akan menghadapi risiko pendarahan internal parah jika dokter menggunakan prosedur bedah standar untuk mengangkat magnet itu. Pasalnya, magnet yang telah tertelan selama 10 hari itu sudah melukai jaringan lambung dan menyebabkan borok di perut si bocah.

Hu Bing, direktur pusar endoskopi gastrointestinal di Rumah Sakit Chengdu dan tim dokternya telah mencoab mengeluarkan magnet itu dengan metode endoskopi, tapi magnet itu telah ditutupi jaringan di bagian bawah perut si anak. Ia pun memutuskan menggunakan cara yang kreatif yakni menggunakan magnet lain yang jauh lebih kuat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Operasi yang Sukses

Setelah menempelkan sebuah magnet yang sangat kuat ke alat endoskopi, mereka pun bisa mengeluarkan magnet kecil yang tertelan itu. Orang tua remaja itu tak henti mengucapkan syukur atas ide kreatif si dokter.

Jika tanpa menggunakan magnet, mungkin dokter harus membuat lubang di perut anak itu. Hu mengaku, bahkan dengan operasi dada terbuka, sulit mengeluarkan magnet tanpa merobek jaringan di sana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.