Sukses

Begini Cara Dokter Kreatif Keluarkan Magnet yang Tertelan Remaja

Liputan6.com, Jakarta Seorang dokter berhasil mengeluarkan magnet yang sangat kecil yang tak sengaja ditelan oleh bocah berusia 13 tahun. Dokter itu menggunakan magnet yang sangat kuat untuk memindahkan magnet yang dua kali lebih kecil dari perut si bocah.

Anak laki-laki yang hanya diketahui identitasnya sebagai Qiangqiang akan menghadapi risiko pendarahan internal parah jika dokter menggunakan prosedur bedah standar untuk mengangkat magnet itu. Pasalnya, magnet yang telah tertelan selama 10 hari itu sudah melukai jaringan lambung dan menyebabkan borok di perut si bocah.

Hu Bing, direktur pusar endoskopi gastrointestinal di Rumah Sakit Chengdu dan tim dokternya telah mencoab mengeluarkan magnet itu dengan metode endoskopi, tapi magnet itu telah ditutupi jaringan di bagian bawah perut si anak. Ia pun memutuskan menggunakan cara yang kreatif yakni menggunakan magnet lain yang jauh lebih kuat.

 

1 dari 2 halaman

Operasi yang Sukses

Setelah menempelkan sebuah magnet yang sangat kuat ke alat endoskopi, mereka pun bisa mengeluarkan magnet kecil yang tertelan itu. Orang tua remaja itu tak henti mengucapkan syukur atas ide kreatif si dokter.

Jika tanpa menggunakan magnet, mungkin dokter harus membuat lubang di perut anak itu. Hu mengaku, bahkan dengan operasi dada terbuka, sulit mengeluarkan magnet tanpa merobek jaringan di sana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
6 Trik Cerdas Daur Ulang Produk Kecantikan yang Anda Miliki
Artikel Selanjutnya
Rajin Sikat Gigi Pakai Arang, Terbukti Bikin Gigi Putih Alami