Sukses

Tips Bedakan Berita Hoaks dari Miss Internet 2017

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi membuat warganet dituntut agar lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Saat ini, banyak berita bohong (hoaks) menghiasi media sosial yang berisi provokasi, menyebar kebencian, serta memecah belah masyarakat.

Dalam acara Citizen Jurnalist Goes to Campus pada Jumat, (10/11/17) di Universitas Pertamina, Jakarta Selatan, CJA Jakarta menghadirkan Miss Internet 2017 Marsya Gusman yang berbagi tips seputar internet positif, serta bagaimana cara menghindari berita hoax yang saat ini berkembang di masyarakat.

Marsya mengungkapkan, ada beberapa hal yang bisa menjadi acuan para pengguna media sosial untuk mengenal berita hoaks. Pertama, para netizen dihimbau agar melakukan cek terhadap sumber berita yang akan disebarkan. Apakah berasal dari media terpercaya atau tidak. Setelah itu, cek juga kebenaran dari sumber foto yang terdapat pada sebuah berita. Terakhir, lakukan pengecekan di forum atau bertanya kepada sesama user lainnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan ada beberapa ciri berita hoaks. Diantaranya konten isi berita dan foto yang digunakan biasanya berbeda, foto yang ditampilkan sangat meyakinkan karena telah diedit. Biasanya kebanyakan berita hoaks mengandung unsur politik, SARA, serta menggunakan kalimat provokatif.

Acara yang dihadiri sekitar 100 peserta tersebut berlangsung lancar, peserta antusias bertanya seputar internet positif kepada narasumber. Selain Marsya Gusman, acara tersebut juga menghadirkan editor kanal lifestyle Liputan6.com Novi Nadia yang berbagi informasi seputar bagaimana menjadi jurnalis warga yang baik. Acara diakhiri dengan berfoto bersama seluruh peserta, panitia dan para narasumber acara.

 

Penulis:

Latif Munawar - Universitas Moestopo Jakarta

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips Lindungi Informasi Pribadi di Dunia Maya
Artikel Selanjutnya
Ingin Kreatif Mengolah Konten di Instagram? Begini Caranya